Saran dari Pengguna Twitter, Elon Musk Sebaiknya Jual 10 Persen Saham di Tesla
Tesla Inc salah satu pabrik mobil yang sahamnya paling bernilai. (foto: tesla)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Tesla Inc Elon Musk harus menjual sekitar 10% sahamnya di  Tesla. Saran ini muncul dari 57,9% orang yang memberikan suara dalam jajak pendapat di Twitter yang dilakukan orang terkaya di dunia itu. Musk dalam jajak pendapat bertanya kepada pengguna jaringan media sosial apakah dia harus melepas sahamnya di Tesla.

"Saya siap menerima hasil apa pun," kata Musk, setelah pemungutan suara berakhir. Dalam Jajak pendapat tersebut terkumpul lebih dari 3,5 juta suara.

Orang terkaya di dunia mentweet pada hari Sabtu 6 November bahwa ia akan melepas 10% dari sahamnya jika pengguna menyetujui proposal tersebut. Musk sebelumnya mengatakan dia harus menggunakan sejumlah besar opsi saham dalam tiga bulan ke depan, yang akan menciptakan tagihan pajak yang besar. Menjual sebagian sahamnya dapat membebaskan dana untuk membayar pajak.

Pada 30 Juni, kepemilikan saham Musk di Tesla mencapai sekitar 170,5 juta lembar saham dan penjualan 10% akan berjumlah mendekati 21 miliar dolar AS (Rp300 triliun) berdasarkan penutupan hari Jumat, menurut perhitungan Reuters.

"Banyak yang dibuat akhir-akhir ini dari keuntungan yang belum direalisasi sebagai sarana penghindaran pajak, jadi saya mengusulkan untuk menjual 10% saham Tesla saya," kata Musk pada Sabtu, 6 November, menambahkan bahwa dia tidak mengambil gaji tunai atau bonus "dari mana saja", dan hanya memiliki persediaan.

Senat Demokrat AS telah meluncurkan proposal untuk mengenakan pajak pada saham miliarder dan aset yang dapat diperdagangkan lainnya untuk membantu membiayai agenda pengeluaran sosial Presiden Joe Biden dan mengisi celah yang memungkinkan mereka untuk menunda pajak capital gain tanpa batas.

Musk telah mengkritik proposal tersebut dengan mengatakan, "Akhirnya, mereka kehabisan uang orang lain dan kemudian mereka datang untuk Anda."

Ketua Komite Keuangan Senat Ron Wyden, yang melayangkan proposal pajak, mengatakan pada hari Sabtu: "Apakah orang terkaya di dunia membayar pajak, sama sekali tidak harus bergantung pada hasil jajak pendapat Twitter."

"Sudah waktunya untuk Pajak Penghasilan Miliarder," kata  Wyden.

Termasuk opsi saham, Musk memiliki 23% saham di Tesla, perusahaan mobil paling berharga di dunia yang nilai pasarnya baru-baru ini melebihi 1 triliun dolar AS. Dia juga memiliki perusahaan berharga lainnya termasuk SpaceX.

Saudaranya Kimbal Musk, pada hari Jumat, 5 November menjual 88.500 saham Tesla, dan menjadi anggota dewan terbaru yang melepas sejumlah besar saham Tesla yang mencapai rekor tertinggi.

Seminggu yang lalu, Musk mengatakan di Twitter bahwa ia akan menjual 6 miliar dolar AS saham Tesla dan menyumbangkannya ke Program Pangan Dunia (WFP) PBB, asalkan organisasi itu mengungkapkan lebih banyak informasi tentang bagaimana ia menghabiskan uangnya.

Banteng Tesla, Gary Black, manajer portofolio di The Future Fund, mengatakan bahwa penjualan saham potensial Musk akan menyebabkan "1-2 hari tekanan jual sederhana," tetapi mengatakan akan ada permintaan institusional yang kuat untuk mengambil saham dengan harga diskon.

Musk sendiri mengatakan jika dia tidak ingin meminjam saham untuk membayar pajak karena nilai saham bisa turun.

Musk justru memiliki opsi untuk membeli 22,86 juta saham dengan harga 6,24 dolar AS per lembar, yang akan berakhir pada 13 Agustus tahun depan, menurut laporan Tesla. Jika opsi ini dilakukan, maka dapat menghasilkan keuntungan sekitar 28 miliar dolar AS berdasarkan harga penutupan Tesla pada hari Jumat sebesar 1.222,09 dolar AS.

Pada bulan September, Musk mengatakan dia kemungkinan akan membayar pajak lebih dari setengah keuntungan yang akan dia dapatkan saat menjalankan opsi. Tahun lalu, Musk mengatakan dia telah pindah dari California ke Texas, yang seharusnya mengarah pada pemotongan total tagihan pajak karena di Texas tidak memiliki pajak penghasilan, kata para ahli.

"(Tampaknya) gila meminjam sebanyak itu untuk membayar pajak, jadi saya harus berasumsi dia perlu melikuidasi sejumlah besar saham yang dibeli dari pelaksanaan opsi untuk membayar pajak," kata Bryan Springmeyer, seorang pengacara di San Francisco dari firma hukum Springmeyer Law.