Twitter Serius Jadi Medsos Sekaligus Platform Belanja <i>Online</i> dengan Gandeng Walmart
Twitter kini menggandeng perusahaan ritel,  Walmart, sebagai pengecer pertama dalam uji coba acara belanja online. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter kini menggandeng perusahaan ritel,  Walmart, sebagai pengecer pertama dalam uji coba acara belanja online. Keputusan ini dilakukan oleh perusahaan microbloging itu  untuk mengembangkan e-commerce di platformnya.   

Dalam acara live streaming bertajuk "Cyber ​​Deals Sunday" yang akan diselenggarakan  Twitter pada 28 November pukul 7 malam waktu setempat, pengguna dapat berbelanja produk unggulan melalui tab Shop Twitter dan mengunggah tweet tentang acara tersebut.

Hadir pula musisi yang berubah menjadi selebritis media sosial Jason Derulo juga akan menjadi pembawa acara live streaming. Pengguna yang bergabung dalam acara juga dapat berbelanja item Walmart dari Twitter dan platform lain termasuk Walmart.com/live dan akun Facebook, Instagram, TikTok, serta YouTube.

Acara ini mengikuti fitur yang diperkenalkan pada Juli 2021 yang disebut Shop Module, memungkinkan orang berbelanja dan membeli produk melalui browser dalam aplikasi. Tidak hanya itu, fitur ini juga memberi merek, bisnis, dan pengecer cara untuk memamerkan produk mereka langsung di profil Twitter mereka.

Uji coba acara ini dimaksudkan lebih memahami jika ada permintaan untuk berbelanja di Twitter. Walmart mengatakan tertarik untuk menguji kemampuan baru Twitter ini, karena secara konsisten melihat pengembalian tinggi di seluruh konten saluran teratas dan menengah di platform Twitter, yang menjadikannya langkah berikutnya untuk eksplorasi Walmart ke dalam perdagangan sosial.

Meski demikian, Twitter bukan satu-satunya platform yang memiliki ide ini. Belum lama pesaingnya Facebook, juga meluncurkan acara "Belanja Langsung untuk konten kreator" di mana hal ini membuat belanja dan pembelian lebih mudah dilakukan pada seluruh aplikasi Meta.

Selain itu, YouTube juga mengadakan acara belanja langsung selama seminggu yang disebut "YouTube Holiday Stream and Shop", sementara Pinterest telah mengumumkan fitur Pinterest TV yang menawarkan acara serupa. Demikian dikutip dari CNET, Selasa, 23 November.