Suka Duka Jack Dorsey di Twitter, Dituduh Hingga Berani Menutup Akun Donald Trump
Jack . Dorsey memposting tweet pertama pada 21 Maret 2006. (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar bahwa Twitter kembali ditinggal pendirinya, Jack Dorsey cukup mengejutkan dunia. Pasalnya, Dorsey telah banyak mengorbankan segalanya untuk aplikasi berlogo burung biru itu.

Jack Dorsey lahir pada 19 November 1976, di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat (AS), dari pasangan Marcia Smith dan Tim Dorsey.

Singkatnya, ia pernah belajar di Universitas Sains dan Teknologi Missouri. Tetapi pada akhirnya, dia dipindahkan ke Universitas New York. Di sinilah ia datang dengan ide untuk membuat wadah berbagi pesan singkat dengan teman-temannya.

Melansir Famous People, Selasa, 30 November, dia mulai bekerja sebagai programmer, dan pindah ke Oakland, California pada tahun 2000 untuk mencari prospek karir yang lebih baik. Dorsey memulai sebuah perusahaan untuk mengirim taksi, kurir, dan layanan darurat menggunakan perangkat lunak.

Sayangnya, perusahaan Dorsey gagal dan dia berjuang selama beberapa tahun mencari nafkah dengan bekerja lepas. Bahkan, dia mengikuti kursus terapi pijat. Namun, dia tidak pernah menyerah pada mimpinya untuk menciptakan layanan pesan singkat, yang diimpikan.

Kemudian, Dorsey mendekati Odeo, sebuah direktori dan situs tujuan pencarian, yang tertarik dengan layanan pesan teks. Dia berhasil menarik perhatian co-founder Odeo Evan Williams dan salah satu eksekutif perusahaan Biz Stone.

Pada Oktober 2006, Dorsey, bersama dengan Biz Stone, Evan Williams, dan beberapa anggota Odeo lainnya, mendirikan Obvious Corporation, yang kemudian berkembang menjadi situs microblogging, Twitter.

Hanya dalam dua minggu, Dorsey membuat situs sederhana di mana pengguna dapat langsung memposting pesan singkat yang disebut 'tweets' dengan 140 karakter atau kurang. Dorsey memposting tweet pertama pada 21 Maret 2006. Kemudian, dia menjual tweetnya sebagai NFT seharga 2,9 juta dolar AS pada tahun 2021.

Pada awalnya, Dorsey menjabat sebagai CEO Twitter. Tetapi pada 2008, Williams mengambil alih peran CEO, sementara Dorsey menjadi ketua dewan. Sejak itu, perusahaan berkembang pesat. Dalam lima tahun sejak didirikan, pengguna Twitter telah mengirim 50 juta tweet per hari. Selanjutnya, Dorsey kembali melanjutkan peran CEO pada tahun 2015.

Tak cukup sampai di situ, pada 2009, Dorsey bekerja dengan sesama pengusaha dan insinyur ilmu komputer Jim McKelvey untuk membentuk Square Inc. Awalnya dimulai sebagai perusahaan pembayaran seluler, Square akhirnya bercabang menjadi layanan keuangan dan pedagang juga. Ini adalah perusahaan yang berkembang pesat dan Dorsey menjabat sebagai CEO-nya hingga kini.

Jack Dorsey Kerap Hadapi Tuduhan Tak Adil

Twitter adalah salah satu situs media sosial paling populer saat ini, dengan lebih dari 290 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Dihimpun dari New York Times, beberapa legislator di AS menuntut agar Twitter berbuat lebih banyak untuk mengatasi misinformasi dan ujaran kebencian di platform yang menjamur.

Sementara yang lain menuduh Dorsey menyensor dan berpendapat bahwa Twitter harus mengizinkan lebih banyak konten untuk tetap online. Masalah moderasi telah menjadi gangguan terus-menerus bagi Dorsey.

Dia telah membayangkan Twitter sebagai platform untuk kebebasan berbicara dan menentang gagasan untuk menghapus konten, terutama dari para pemimpin dunia dan tokoh-tokoh penting lainnya.

Meski demikian, tweet mantan Presiden AS Donald Trump yang sering kali memunculkan kontroversi menguji sikap Dorsey. Twitter pada awalnya memutuskan untuk melabeli beberapa tweet Trump sebagai informasi yang salah sebelum akhirnya menghapus akunnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Dorsey menjadi semakin tertarik pada cryptocurrency dan prinsip desentralisasi teknologi. Dia mengatakan pada 2019 bahwa Twitter akan membantu membangun bentuk media sosial terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur algoritma mereka sendiri.

Hal ini berguna membantu pengguna dalam mempromosikan konten dan memoderasi komunitas mereka, daripada mengandalkan perusahaan teknologi untuk membuat keputusan tersebut.

Pencapaian Lainnya di Bawah Kepemimpinan Dorsey

Selama setahun terakhir, Twitter telah berjuang untuk mengakhiri kritik selama bertahun-tahun bahwa mereka lambat memperkenalkan fitur-fitur baru untuk 211 juta pengguna hariannya, dan kalah dari saingan media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Mengutip Reuters, di bawah kepemimpinan Dorsey, Twitter mengakuisisi layanan buletin email Revue dan meluncurkan Spaces, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna menjadi tuan rumah atau mendengarkan percakapan audio langsung.

Perusahaan juga meluncurkan peningkatan iklan untuk membantu merek menemukan pengguna Twitter yang mungkin tertarik dengan produk mereka, komponen kunci dari tujuan perusahaan untuk menggandakan pendapatan tahunan pada tahun 2023.

Namun, saham Twitter telah merosot dalam beberapa bulan terakhir, menambah tekanan pada Dorsey untuk mengakhiri pengaturannya yang tidak biasa sebagai CEO dari dua perusahaan publik.

Dengan mundurnya ia menjadi CEO Twitter, dan digantikan oleh Parag Agrawal, Dorsey sekarang akan fokus memimpin Square dan kegiatan lainnya seperti filantropi.