Setelah Reels, Giliran Pinterest Adopsi Fitur Balas Komentar dengan Video
Kini Pinterest juga adopsi fitur TikTok, yang memungkinkan pengguna membalas komentar dengan video. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah Instagram Reels, kini Pinterest juga adopsi fitur TikTok, yang memungkinkan pengguna membalas komentar dengan video. Opsi tersebut saat ini sudah dapat dilakukan melalui fitur Idea Pins.

Diketahui, Idea Pins muncul awal tahun ini dimana pengguna dapat merekam dan mengedit video dengan konten hingga 20 halaman. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan alat seperti rekaman voice over, musik latar, transisi, dan elemen interaktif lainnya.

Sekarang, ketika pengguna menemukan komentar yang ingin mereka tanggapi, mereka dapat memilih menu tiga titik dan mengklik balas dengan Idea Pins. Dari sana, pengguna dapat memilih untuk merekam video baru atau mengunggah yang sudah ada.

“Ada lebih banyak cara dari sebelumnya untuk terlibat dengan komunitas Anda di Pinterest. Sekarang Anda dapat menanggapi semua komentar, pertanyaan, dan permintaan dengan balasan Idea Pins yang disesuaikan," ungkap Pinterest dalam keterangannya yang dikutip dari TechCrunch, Rabu, 15 Desember.

“Kami ingin menghindari Anda dan ibu jari Anda untuk tidak perlu repot-repot membalas teks seperti novel yang panjang karena beberapa hal lebih baik saat ditampilkan," imbuhnya.

Diketahui Instagram beberapa hari yang lalu juga meluncurkan fitur serupa Pinterest. Dijuluki Reels Visual Replies, yang memungkinkan pengguna membalas komentar pada unggahan dengan video. Itu artinya, ketika pengguna memilih untuk membalas komentar, mereka akan melihat opsi baru yang memberikan pengguna pilihan untuk membuat balasan video.

Namun, baik Instagram maupun Pinterest bukanlah pelopor dari fitur ini. Pertama kali fitur balasan video tersebut dipopulerkan oleh TikTok. Platform video pendek meluncurkan balasan video tahun lalu untuk memberi pengguna cara menawarkan lebih banyak konteks tentang video mereka dan menjawab pertanyaan.

Karena fitur tersebut sangat populer, tidak mengherankan jika Instagram dan Pinterest meluncurkan fitur serupa untuk platform mereka sendiri. Pinterest tidak sendirian dalam melakukannya, karena TikTok telah memicu klon di seluruh platform media sosial teratas, termasuk Instagram, YouTube, Snap, Reddit, dan lainnya.

Sebagai informasi, Pinterest telah meluncurkan beberapa fitur baru yang ditujukan untuk konten kreator selama beberapa bulan terakhir. Perusahaan telah berinvestasi dalam alat pembuat dan video dengan akuisisi aplikasi pembuatan dan pengeditan video Vochi.

Pinterest juga meluncurkan cara baru bagi pengguna untuk menelusuri video Idea Pin di tab "Watch" seperti TikTok , di mana ia memberikan dana 20 juta dolar AS dalam penghargaan pencipta.