Bagikan Stories Instagram yang Anda Buat Sepanjang 2021 dengan Fitur Playback
Bagikan Stories Instagram yang Anda Buat Sepanjang 2021 dengan Fitur Playback (Onlypult)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Keberhasilan Spotify dengan fitur Wrapped yang merangkum daftar lagu yang diputar selama 1 tahun terakhir, membuat platform lain berupaya untuk membuat fitur serupa untuk mengajak penggunanya bernostalgia dengan aktivitas yang dilakukan selama 1 tahun terakhir, salah satunya adalah Instagram.

Platform media sosial Instagram yang dapat membagikan foto dan video tersebut membuat fitur Instagram Playback 2021 untuk membuat penggunanya mengetahui apa saja yang telah diunggah melalui Stories mereka selama tahun 2021.

Sama seperti Spotify Wrapped, fitur Instagram Playback merangkum aktivitas yang pernah dibuat oleh pengguna menggunakan Stories di tahun 2021. Kendati belum dirilis secara resmi di Indonesia, tetapi fitur tersebut sudah bisa digunakan oleh sejumlah pengguna.

Nantinya, fitur Playback Instagram akan muncul di setiap Feed Instagram pengguna dengan banner tulisan "View your 2021 Playback" dan tombol "View Platback" yang terletak di bawah banner tersebut.

Adapun di dalam playback tersebut terdapat daftar Stories terbaik yang pernah dibagikan oleh pengguna selama tahun 2021, dan untuk melihatnya pengguna dapat menekan tombol View Playback.

Apabila di Feed Instagram Anda belum menemukan banner playbak tersebut, pengguna dapat mengaktifkan fitur playback secara manual dengan cara yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Membuat Fitur Instagram Playback 2021

Fitur Playback Instagram sudah dirilis secara resmi pada 9 Desember 2021. Namun, jika Anda belum mendapat menu tersebut pengguna dapat memperbarui aplikasi Instagram Anda ke versi terbaru.

Selanjutnya, pengguna dapat membuka aplikasi Instagram, kemudian buat Stories. Setelah itu, pilih stiker yang bergambar 2021 dan unggah ke Stories Anda.

Saat ingin mengunggah Stories yang Anda buat, pengguna akan melihat banner Playback beserta dengan tombol view yang berada di bagian bawah banner tersebut.

Setelah itu, pengguna akan diberi sejumlah pilihan Stories Instagram dalam daftar playback. Pengguna pun dapat menambahkan atau mengurangi Stories yang ada di daftar tersebut dengan cara klik tombol Next yang berada di pojok kiri bawah halaman utama Instagram.

Pengguna pun dapat membagikan Playback Instagram melalui menu Stories yang ada di aplikasi Anda. Dengan demikian follower Anda dapat melihat rangkaian Stories yang Anda buat selama 1 tahun terakhir.

Itu tadi cara alternatif yang dapat Anda lakukan untuk membuat playback Stories apabila fitur tersebut tidak muncul di beranda aplikasi Instagram Anda.