Kaleidoskop 2021: Bangkitnya Koin Meme, Mulai Dari Dogecoin (DOGE), Shiba Inu (SHIB), Baby Doge Coin (BABYDOGE), Hingga Dogelon Mars (ELON)
Persaingan koin meme Dogecoin dan Shiba Inu memicu kemunculan koin meme lain. (TheFXPost)

Bagikan:

JAKARTA – Mata uang kripto kian mendapat tempat di sebagian besar masyarakat global, hal tersebut ditandai dengan panasnya persaingan dua koin meme yakni Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB). Ini terlepas dari berbagai keputusan sejumlah negara yang memaksa cryptocurrency mengalami koreksi besar-besaran.

DOGE dan SHIB dikenal memiliki komunitas yang besar dan solid. Kedua komunitas kerap bergerak dalam sejumlah kegiatan amal, baik untuk aksi sosial maupun lingkungan. Sepanjang tahun 2021, performa kenaikan harga Dogecoin dan Shiba Inu sangat impresif sehingga berhasil mengundang investor dan trader baru ke dunia kripto.

Bedanya, DOGE lahir sebagai guyonan namun belakangan tidak bisa dipandang sebelah mata lagi karena pengembangannya yang positif. Dogecoin yang diciptakan oleh dua programmer, Jackson Palmer dan Billy Markus, kerap mendapat dukungan dari sejumlah tokoh terkenal termasuk Elon Musk, Mark Cuban, dan Snoop Dogg.

Sementara SHIB yang diciptakan oleh Ryoshi telah menjadi rival terberat DOGE. Shiba Inu mendapat gelar “Dogecoin Killer.” Tahun ini Shiba Inu berhasil meluncurkan bursa terdersentralisasi (DEX) ShibaSwap dan memasuki sejumlah bursa kripto terbesar di berbagai negara termasuk Kraken. Bahkan Binance meluncurkan trading pair DOGE/SHIB. Beberapa hari lalu, SHIB mendapat predikat kripto paling populer tahun 2021 versi CoinMarketCap.

Meski demikian, sebagian orang menilai bahwa memecoin menjadi terkenal pada tahun 2020 selama apa yang disebut musim panas DeFi, namun koin meme secara objektif menjadi pusat perhatian pada tahun 2021 ini.

Adopsi besar-besaran terhadap DOGE dan SHIB pun mulai ramai. Perusahaan jaringan bioskop terbesar di Amerika, AMC menerima pembayaran kedua koin meme tersebut. Platform pemesanan perjalanan terbesar Travala menerima pembayaran dengan DOGE dan SHIB. Tidak ketinggalan retailer terbesar Newegg juga mengadopsi pembayaran dengan dengan token Shiba Inu. Meyusul pengumuman dari Elon Musk melalui kicauan Twitter-nya yang menyatakan bahwa Tesla menerima pembelian merchandise Tesla dengan DOGE.

Saat penulisan, data dari Coigecko memaparkan bahwa performa kenaikan harga DOGE sebesar 3.653,9 persen dalam satu tahun ini. Sedangkan SHIB lebih mencengangkan lagi yakni sebesar 44.644.766,7 persen dalam satu tahun. Harga tertinggi sepanjang masa (ATH) DOGE terjadi pada bulan Mei 2021 lalu di mana harga Dogecoin tembus Rp10.338. Shiba Inu menorehkan ATH-nya pada Oktober 2021 pada level harga 0,00008616 dolar AS (sekitar Rp1,22).

Munculnya Dogecoin sebagai raja koin meme telah berhasil menginspirasi munculnya berbagai koin meme lain termasuk Dogelon Mars (ELON), Buff Doge Coin (DOGECOIN), dan Baby Doge Coin (BABYDOGE) yang meroket 228 persen pada Juli 2021 lalu. Google Trends merilis kewyword yang paling banyak dicari di dunia selama tahun 2021 ini, dan Dogecoin termasuk ke dalam salah satu daftar kata kunci yang paling dicari di dunia, bersamaan dengan Ethereum.