Google Perkenalkan Jenis <i>Font</i> Baru dari Keluarga Roboto, Diklaim Lebih Jelas
Font Roboto Serif baru diperkenalkan Google. (foto; dok. google)

Bagikan:

JAKARTA  - Google kini memiliki versi terbaru dari font Roboto-nya, dan membawa jenis serif muncul kembali. Nama jenis huruf itu adalah Roboto Serif yang diberi nama tepat, dan dirancang bekerja sama dengan Greg Gazdowicz dari Commercial Type untuk menciptakan pendamping serif yang lebih mudah dibaca untuk jenis huruf Roboto Sans-nya.

Menurut Google UX manajer, Rob Giampietro, font baru ini bukan hanya huruf Roboto lama dengan beberapa serif yang dipoleskan, namun setiap huruf digambar ulang dari awal untuk membuat font yang "orang berpikir tentang Roboto, tetapi merupakan desain baru dan asli."

Dilaporkan oleh The Verge, font baru ini masih menggunakan proporsi vertikal yang sama dari Roboto Sans, sehingga memungkinkan untuk mencampur versi serif dan sans-serif dalam satu desain.

Mungkin juga membantu bahwa tipografi serif bergaya retro yang lebih tebal kembali dalam gaya secara besar-besaran, setelah bertahun-tahun mendominasi desain sans-serif minimalis, seperti yang dicatat oleh Vox.

Font serif juga dianggap lebih mudah dibaca, berkat bentuk huruf yang lebih jelas, sesuatu yang dikembangkan oleh font baru Google karena menjadi font variabel yang dapat secara otomatis mengubah dan mengoptimalkan bentuk huruf untuk tampilan ukuran yang berbeda.

Google telah menggunakan font Roboto dalam satu atau lain bentuk selama lebih dari satu dekade. Font  itu pertama kali diperkenalkan bersama Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) sebagai font default untuk OS seluler perusahaan itu.

Font Roboto telah memiliki banyak varian selama bertahun-tahun, meskipun perlahan tapi pasti digantikan sebagai font utama perusahaan oleh Product Sans (dan varian Google Sans, juga dikenal sebagai font "Pixel") di berbagai produknya.

Untuk saat ini, Roboto Serif hanya ditambahkan ke Google Fonts sebagai opsi lain untuk keluarga Roboto font sumber terbuka perusahaan, akan tetapi sangat mungkin bahwa Google suatu hari nanti dapat menggunakan font baru yang terlihat ramah dalam pemasarannya sendiri juga.