Luncurkan Fitur Pin Sharing, Pinterest Percaya Diri Bakal Gaet Lebih Banyak Pengguna
Pinterest luncurkan fitur Pin Sharing baru untuk pengguna Idea Pins. (foto: Dok. Pinterest)

Bagikan:

JAKARTA - Pinterest hari ini meluncurkan fitur Pin Sharing baru untuk pengguna Idea Pins. Idenya adalah memberikan konten kreator untuk menjangkau audiens mereka lebih luas di berbagai jejaring sosial lainnya seperti Instagram, Facebook dan lainnya.

 Idea Pins merupakan format pertama video yang diperkenalkan tahun lalu sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan dari industri media sosial, terutama TikTok. Beralih dari gambar statis ke video.

Konten di Idea Pins dapat menyertakan gambar statis atau video, yang diberi keterangan opsional dengan teks dan grafik. Pengguna dapat menelusuri berbagai Idea Pins dari konten kreator yang mereka ikuti dalam umpan vertikal seperti TikTok.

Untuk membagikan konten, pertama-tama konten kreator bisa mengetuk ikon Facebook Stories atau Instagram Stories di menu bagikan, yang akan memulai pengunduhan Idea Pins.

Konten tersebut kemudian akan disimpan sebagai video dengan watermark yang menyatukan semua halaman Idea Pins, lalu diakhiri dengan menampilkan nama konten kreator dan nama pengguna Pinterest, format yang meniru opsi unduhan TikTok.

Saat unduhan selesai, Pinterest akan mengarahkan pengguna ke aplikasi Facebook atau Instagram dengan alur pembuatan Stories terbuka dan video Idea Pins yang diberi watermark siap untuk diedit dan diposting.

Melansir TechCrunch, Rabu, 16 Maret, meskipun integrasi dengan Facebook dan Instagram sudah ada di dalamnya, Pinterest mencatat bahwa mereka mengizinkan konten kreator untuk berbagi ke platform lain juga, termasuk ke Snapchat dan TikTok.

Dengan hadirnya Pin Sharing, maka akan memungkinkan konten kreator untuk memasarkan kehadiran Pinterest mereka di seluruh platform sosial, memikat audiens mereka kembali ke Pinterest.

Namun, Pinterest tidak bisa percaya diri akan kehadiran fitur Pin Sharing yang dapat membantu menjangkau audiens konten kreator melalui Stories, platform lain kemungkinan akan menurunkan peringkat konten dalam umpan algoritme mereka jika berisi watermark.

Instagram misalnya, yang secara langsung mengatakan akan menggunakan ini sebagai sinyal untuk menurunkan peringkat konten di tab Reels-nya. Pinterest mengatakan fitur Pin Sharing baru mulai diluncurkan hari ini untuk semua pengguna.