Bawa Banyak Fitur Baru, Google Photos Makin Ramah Pengguna
Google Photos, banyak bawa fitur baru. (foto: dok. goole)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah meluncurkan fitur Potrait Blur ke pelanggan Google One minggu lalu, Google sekarang membawa beberapa fitur baru ke Google Photos.

Pembaruan itu ditujukan untuk tab Library, yang akan membantu pengguna mengatur foto dengan mudah di perangkat mereka, perubahan akan memudahkan pengguna untuk menemukan media di Google Photos, menggunakan tata letak dan filter grid (atau daftar) baru.

Tab Library yang diperbarui akan memiliki filter pencarian tepat di atas, diikuti oleh tata letak grid untuk semua folder media di perangkat pengguna.

Selain itu, tombol Favorites, Utilities, Archive, dan Trash, yang saat ini muncul di bagian atas tab Library, akan dipindahkan ke bagian bawah tab setelah pembaruan. Begitupun dengan opsi Folder Terkunci juga akan muncul di samping tombol-tombol ini.

Sementara itu, tab berbagi foto kini akan memiliki bagian khusus untuk berbagai mitra, album bersama, dan percakapan. Google mengatakan perubahan pada tab berbagi akan tiba di Android minggu ini dengan iOS yang menyusul.

Melansir XDA Developers, Rabu, 23 Maret, Google Photos juga mendapatkan fitur lainnya untuk mengimpor foto dari lokasi di luar platform. Ini akan memungkinkan pengguna menambahkan foto dari layanan penyimpanan foto lainnya, mengunggah foto langsung dari kamera, serta mendigitalkan foto dan film fisik.

Namun tentu saja, semua ini tidak masalah jika pengguna kehabisan ruang penyimpanan di Google Photos, karena perusahaan secara resmi mengakhiri penyimpanan gratis tanpa batas tahun lalu.

Itu artinya, pengguna masih dapat memasukkan koleksi mereka ke dalam Google Photos, platform ini juga menambahkan pintasan yang terletak di bagian atas kisi foto utama.

Itu akan membawa pengguna langsung ke tangkapan layar, sambil mengecualikannya dari proses pencadangan selain korsel saran kontekstual di Android yang memungkinkan untuk mengirim teks, memotong, menelusuri, atau menyalin teks dari tangkapan layar.