Kenalan dengan Gawai Baru Google Pixel 4A 5G dan Pixel 5
Google PIxel 5 dan Pixel 4a 5G(GSM Arena)

Bagikan:

JAKARTA - Google akhirnya meluncurkan dua smartphone terbarunya, yakni Pixel 5 dan Pixel 4a 5G. Dua ponsel anyar dari Google ini sudah dibekali konektivitas 5G.

Penerus dari Pixel 4 ini diluncurkan dalam sebuah acara "Launch Night In" secara virtual di kanal YouTube, Kamis 1 September dini hari tadi. Sejalan dengan rumor yang telah beredar, Pixel 5 tampil dengan sangat sederhana namun tetap menawan.

Sayangnya, alih-alih menggunakan chipset kelas atas seperti kompetitornya dengan Snapdragon 865/865 Plus. Google "hanya" mengandalkan System-on-Chip (SoC) kelas menengah, Qualcomm Snapdragon 765G sebagai "otak" dari ponsel teranyarnya ini.

SoC tersebut lantas dipadankan dengan kapasitas RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB. Sama seperti Pixel 4, bagian punggung ponsel terbaru Google ini masih dibekali dengan kamera ganda dalam sebuah modul persegi. 

Konfigurasi kamera utama di Pixel 5 tetap menggunakan resolusi 12,2MP dan dibekali dengan fitur penstabil gambar OIS. Sedangkan kamera sekundernya menggunakan lensa ultrawide dengan resolusi 16 megapiksel.

Kedua kamera belakang Pixel 5 mendukung sejumlah fitur fotografi khas Google, seperti Night Sight, Live HDR+, Cinematic Pan, hingga Portrait Light. Beralih ke sisi depan, Pixel 5 berukuran 6 inci, berkemampuan HDR+ dengan refresh rate 90Hz.

Berbeda dengan model sebelumnya, Pixel 5 sudah mendukung bezel layar yang lebih tipis. Google mengandalkan desain lubang kamera (punch hole) sebagai tempat kamera selfie 8MP.

Pixel 5 juga masih mempertahankan modul fingerprint konvensional yang terletak di belakang ponsel. Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 4.080 mAh yang sudah mendukung fast charging 18 watt dan fitur wireless charging dan reverse charging (USB Power Delivery 2.0).

Soal harga Google Pixel 5 dipatok di angka 699 dolar AS atau sekitar Rp10,3 juta, lebih murah dibanding harga Pixel 4 saat peluncuran, yang kala itu harga termurahnya adalah 799 dolar AS atau sekitar Rp11,8 juta.

Pixel 4a 5G

Google tetap menghadirkan varian ponsel murah. Berbekal spesifikasi yang sama dengan kakaknya, Pixel 4a 5G hadir dengan chipset Snapdragon 765G.

SoC ini didukung memori internal 128GB dengan RAM 6GB. Gawai ini memiliki resolusi layar 6,2 inci berkemampuan HDR, tanpa mendukung kemampuan refresh rate 90Hz seperti Pixel 5.

Sektor kamera Pixel 4a 5G dilengkapi kamera ganda di bagian belakang yang mencakup sensor 12,2MP dengan OIS dan kamera ultra-wide 16MP. Untuk kamera selfienya dengan resolusi 8MP yang ditempatkan dalam modul punch hole.

Baterai ponselnya sebesar 3.885mAh, dan mencakup jack headphone 3.5mm. Pixel 4a 5G dibanderol dengan harga lebih mahal dibanding versi regulernya, yakni 499 dolar AS atau sekitar Rp7,4 juta,

Bersamaan dengan peluncuran Pixel 4a dan Pixel 5, Goole juga memperkenalkan beberapa perangkat pintar lainnya yaitu speaker Nest Audio senilai 100 dolar AS setara Rp1,4 jutaan, Chromcast baru dan layanan streaming video baru perusahaan, Google TV.