Baterai Solid-State Dapat Mengisi Mobil Listrik Lebih Cepat
Nissan merevolusi pembuatan baterai solid-state. (foto: twitter @nissan)

Bagikan:

MEDAN - Perkembangan kendaraan listrik semakin maju. Terbaru Nissan mengungkapkan fasilitas produksi prototipe di Yokohama, Jepang, pada Jumat, 8 April di mana perusahaan berencana untuk memproduksi baterai solid-state untuk digunakan dalam kendaraan listrik.

Perlu diketahui, Nissan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berencana "untuk membangun jalur produksi percontohan di Pabrik Yokohama pada tahun fiskal 2024, dengan bahan, desain dan proses manufaktur untuk produksi prototipe di jalur yang akan dipelajari di fasilitas produksi prototipe." Nissan ingin membawa EV pertamanya dengan baterai all-solid-state ke pasar pada tahun 2028.

Kecepatan pengisian dibandingkan baterai EV lebih cepat

Baterai all-solid-state adalah baterai mobil listrik yang berisikan kimia baterai yang berbentuk padat., Secara teori, baterai jenis ini dapat mengisi daya lebih cepat, menyimpan dan menahan lebih banyak daya, dan bertahan lebih lama daripada baterai lithium-ion yang digunakan sebagian besar EV sekarang.

Dilaporkan oleh The Verge Nissan mengatakan pada akhirnya mereka berharap untuk menggunakan baterai di seluruh jajaran kendaraannya, termasuk truk pikapnya. Baterai all-solid-state ini diklaim dapat mengurangi harga paket baterai menjadi 75 dolar AS (Rp 1,07 juta) per kWh pada tahun 2028 dan akhirnya menjadi 65 dolar AS (Rp934 ribu) per kWh.

Baterai akan membantu membuat EV jauh lebih terjangkau dan pada akhirnya menempatkannya pada titik harga yang sama dengan kendaraan bertenaga bensin.

Pembuat mobil lain juga bekerja untuk mengembangkan baterai solid-state. QuantumScape yang didukung Volkswagen berencana untuk mulai menjualnya pada tahun 2024. Bahkan Ford mengatakan akan memiliki baterai solid-state yang sedang dikembangkannya pada akhir dekade ini.

Toyota mengatakan tahun lalu bahwa mereka ingin mulai memproduksi baterai pada pertengahan 2020-an tetapi mengatakan harus melanjutkan penelitian ke dalam teknologi. Namun untuk saat ini, baterai all-solid-state mahal untuk dibuat.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Nissan Paling Maju, Berencana Terapkan Baterai Solid-State untuk Mobil Listrik pada 2028

Selain Baterai Solid-State, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!