Aplikasi Switch to Android milik Google Resmi Diluncurkan, Apa Fungsinya?
Google secara diam-diam meluncurkan aplikasi Switch to Android untuk pengguna iOS. (foto; dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Minggu lalu dikabarkan Google secara diam-diam meluncurkan aplikasi Switch to Android untuk pengguna iOS. Namun belum secara resmi tiba di App Store. Kini, semua telah berubah.

Menurut laporan, Google telah meluncurkan aplikasi Switch to Android secara resmi ke publik mulai Senin, 18 April lalu. Google mengatakan proses peluncuran ini dapat diterima oleh 100 persen pengguna selama beberapa minggu ke depan.

Aplikasi Switch to Android sangat berguna untuk membantu pengguna memindahkan konten penting mereka seperti kontak, kalender, foto, dan video dari iPhone ke perangkat Android baru mereka.

Aplikasi ini mendukung semua tipe data yang sama seperti Google Drive. Sebelum berpindah, pengguna disarankan untuk mencadangkan kontak, kalender, foto, dan video mereka melalui aplikasi Google Drive iOS.

Melansir TechCrunch, Rabu, 20 April, Google juga menawarkan cara untuk menghubungkan perangkat secara fisik untuk memindahkan lebih banyak konten, termasuk musik, audio, wallpaper, alarm, log panggilan, pengaturan perangkat, dan aplikasi gratis.

Hal ini dikatakan Google, bertujuan sebagai pengganti kabel USB untuk melakukan transfer data. Selain memindahkan data, aplikasi Switch to Android yang baru menawarkan instruksi lain tentang proses transfer, seperti cara membatalkan pendaftaran iMessage agar dapat terus menerima SMS di perangkat Android baru.

Dalam beberapa bulan ke depan, Google berencana untuk menambahkan dukungan untuk lebih banyak tipe data ke aplikasi.

Meski begitu, Swtich to Android baru mendukung perangkat Google Pixel sebagai perangkat dari raksasa teknologi itu sendiri, tetapi perusahaan berjanji akan menambahkan dukungan untuk OEM lain di kemudian hari.

Peluncuran ini merupakan usaha Google untuk memudahkan pengguna mentransfer konten mereka ke platform dan layanannya sendiri melalui pengembangan backend.