Mars Ternyata Punya Fenomena Aurora Seperti Cacing
Planet Mars secara mengejutkan ternyata memiliki aurora. (foto: Dok. Emirate Mars Mission )

Bagikan:

JAKARTA - Planet Mars secara mengejutkan ternyata memiliki aurora, fenomena langit yang menakjubkan ini berhasil diabadikan oleh wahana antariksa milik United Arab Emirates (UAE).

Munculnya aurora di Mars ini sebenarnya menentang pemahaman para ilmuwan, di mana mereka mengklaim Planet Merah tersebut tak memiliki medan magnet yang tentunya aurora tidak sama sekali diharapkan muncul.

Adalah Hope, wahana antariksa milik UAE ini tiba di Mars pada Februari 2021 dalam misi untuk mempelajari planet tersebut.

Hope sangat beruntung waktu itu, karena kebetulan berbarengan terjadi badai matahari yang diyakini para ilmuwan menghasilkan aurora. Disebut aurora diskrit berliku-liku, itu terdiri dari sulur seperti cacing dari sinar ultraviolet di atmosfer atas dan meliuk-liuk di sekitar Mars.

"Aurora diskrit yang berliku-liku adalah penemuan mengejutkan yang dalam banyak hal membuat kita menggaruk-garuk kepala dan kembali ke papan gambar," ungkap ilmuwan planet Universitas California, Berkeley, Rob Lillis, dalam keterangannya.

“Kami memiliki ide, tetapi tidak ada penjelasan yang kuat mengapa kami mengamati aurora intens dalam bentuk ini dan pada skala planet," tambahnya.

Melansir The Independent, Senin, 9 Mei, di Bumi sendiri, aurora terjadi ketika partikel bermuatan dari Matahari berinteraksi dengan medan magnet global dan disalurkan ke salah satu dari dua kutub, menghasilkan Cahaya Utara dan Selatan. Tetapi medan magnet bumi dihasilkan oleh dinamo pusat Bumi, inti logam padat yang berputar di dalam inti luar logam cair.

Pada 2021, misi Insight NASA menunjukkan bahwa Mars tidak memiliki inti pusat yang solid, dan inti cairnya yang besar sebagian terbuat dari elemen non-logam yang lebih ringan seperti oksigen atau hidrogen.

Tidak ada dinamo pusat berarti tidak ada medan magnet global di Mars, dan para ilmuwan berpikir kurangnya medan seperti itu adalah alasan mengapa Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis, perlahan-lahan dilucuti oleh partikel bermuatan yang mengalir keluar dari Matahari, angin matahari lebih dari jutaan tahun.

Sebagai informasi, misi European Mars Express bagaimanapun juga mengamati aurora di Mars untuk pertama kalinya pada 2004. Ternyata bagian kerak Mars masih berfungsi sebagai magnet yang kuat bahkan setelah medan magnet global planet ini mati berabad-abad yang lalu, menghasilkan medan gaya magnet lokal yang menangkap partikel bermuatan dan menghasilkan cahaya aurora.

Sifat terpisah dari bidang ini adalah mengapa mereka muncul di berbagai lokasi di Mars dari pada di kutub dan di Bumi, dan mengapa fenomena bercahaya itu disebut aurora diskrit.

Namun dikatakan Lillis, aurora terpisah seperti itu dapat meregang sejauh yang mereka lakukan dalam pengamatan Hope, menunjukkan sesuatu yang lebih sedang terjadi.

Mencari tahu lebih dalam mungkin memerlukan data dari Hope dan misi lainnya, seperti atmosfer Mars NASA dan evolusi volatil, atau pengorbit Maven.

"Kami sekarang memiliki kesempatan untuk memeriksa kembali pengamatan Mars sebelumnya oleh misi seperti MAVEN dan Mars Express untuk mencari tanda tangan yang dapat menyempurnakan pengamatan baru Hope dan mungkin membantu kami mencoba dan mengungkap apa yang terjadi di sini," tutur Lillis.