Dmitry Rogozin Ancaman Konglomerat Dunia Elon Musk karena Bantu Ukraina dengan Starlink
Dmitry Rogozin dan Elon Musk saling serang. (foto: twitter @Dr_ShahidPk )

Bagikan:

JAKARTA - CEO Tesla,  Elon Musk telah diancam oleh kepala badan antariksa Rusia atas usahanya untuk menyediakan layanan internet untuk Ukraina. Konglomerat terkaya di dunia itu  telah menggunakan Starlink yang memiliki konstelasi lebih dari 2.000 satelit di orbit rendah Bumi, untuk memancarkan koneksi internet ke piringan di seluruh dunia.

Layanan ini memiliki kehadiran besar di Ukraina, dan diperkenalkan dengan tujuan eksplisit untuk menjaga negara tetap online di tengah invasi Rusia yang sedang berlangsung.

Miliarder itu mengatakan mereka telah 'menangkal  upaya peretasan dan jamming' dari Rusia pada bulan April dan memfokuskan upaya SpaceX pada tindakan balasan - dengan mengorbankan proyek lain.

Musk men-tweet informasi yang diberikan oleh Dmitry Rogozin, kepala badan antariksa Rusia Roscosmos, kepada media Rusia pada Minggu malam. Rogozin memposting pernyataan itu sendiri di Telegram.

Rogozin - yang  kemarin membual bahwa Rusia dapat menghancurkan semua negara NATO 'dalam setengah jam' - menuduh Musk memberikan peralatan Starlink ke apa yang mereka sebut sebagai 'Batalyon Nazi Azov' serta cabang-cabang militer Ukraina.

“Dari kesaksian kepala staf yang ditangkap dari Brigade Marinir ke-36 Angkatan Bersenjata Ukraina, Kolonel Dmitry Kormyankov, dapat disimpulkan bahwa peralatan pelanggan berbasis darat dari perusahaan satelit Starlink Elon Musk dikirim ke militan Nazi. Batalyon Azov dan Marinir Angkatan Bersenjata Ukraina ke Mariupol dengan helikopter militer," tulis Rogozin.

"Elon Musk dengan demikian terlibat dalam memasok pasukan fasis di Ukraina dengan komunikasi militer," tambah Rogozin. “Dan untuk ini kamu harus menjawab dengan cara dewasa, Elon, tidak peduli seberapa banyak kamu akan berpura-pura bodoh.”

Selain menanggapi serangan, para pejabat mengatakan Starlink memberi pasukan Ukraina keunggulan dalam memenangkan perang pesawat tak berawak saat negara itu melawan balik dengan teknologi untuk melacak invasi Rusia.

Miliarder itu menanggapi, seperti yang sering dia lakukan, dengan lidah menempel kuat di pipi.

"Kata 'Nazi' tidak berarti seperti yang dia pikirkan," kicau Musk yang sedang dalam proses mencoba membeli Twitter. Dia kemudian menambahkan: “Jika saya mati dalam keadaan misterius, itu bagus untuk mengetahuinya ya.”

Banyak penggemar Musk menanggapi surat tersebut, termasuk ibunya sendiri, Maye Musk. "Itu tidak lucu," tulis ibu Musk dengan beberapa emoji berwajah marah.

“Maaf! Saya akan melakukan yang terbaik untuk tetap hidup," jawab Musk.

Rogozin telah berseteru dengan miliarder itu sejak invasi dimulai. Ia bahkan  menyebutnya 'setan kecil' dan mengkritik Tesla Cybertruck, menurut Business Insider.

Dia bahkan mengejek upaya Musk untuk membeli Twitter, menyebutnya 'kantong uang' dan mengejek gagasan bahwa dia akan membawa kebebasan berbicara ke platform.

SpaceX sendiri telah meluncurkan lebih dari 2.000 satelit internet luar angkasa 'Starlink' ke orbit dan berharap memiliki 12.000 di langit pada tahun 2026.

Mereka membentuk konstelasi yang dirancang untuk menyediakan layanan internet broadband berbiaya rendah dari orbit Bumi yang rendah.

Sementara internet satelit telah ada untuk sementara waktu, ia mengalami latensi tinggi dan koneksi yang tidak dapat diandalkan.

Starlink berbeda. SpaceX mengatakan tujuannya adalah untuk menyediakan internet berkecepatan tinggi seperti kabel di seluruh dunia.

Musk sebelumnya mengatakan usaha itu dapat memberi tiga miliar orang yang saat ini tidak memiliki akses ke internet cara murah untuk online. Itu juga bisa membantu mendanai kota masa depan di Mars.

Drone yang digunakan di lapangan dapat menggunakan Starlink untuk tetap terhubung dan memberikan intelijen saat internet dan pemadaman listrik melanda Ukraina.

Dengan teknologi tersebut, drone dapat diarahkan untuk menjatuhkan amunisi anti-tank untuk membantu menangkal serangan Rusia.

Sistem satelit Starlink memberi pasukan Ukraina keunggulan dalam memenangkan perang drone saat negara itu melawan balik dengan teknologi untuk melacak invasi Rusia.

Volodymyr Zelensky, presiden negara yang diperangi itu turun ke Twitter untuk berterima kasih kepada CEO Tesla, atas dukungannya, dan mengundang maestro teknologi untuk mengunjungi Ukraina setelah perang usai.

Rogozin berbicara tentang kemampuan Rusia untuk menghancurkan NATO pada Sabtu, 7 Mei  menggunakan kata yang telah dilarang Vladimir Putin sehubungan dengan Ukraina - 'perang' - dia berkata: 'Ini adalah perang untuk kebenaran - dan hak Rusia untuk hidup sebagai satu kesatuan dan independen. negara.'

“Keberadaan Ukraina yang terpisah dari Rusia pasti akan mengubahnya menjadi anti-Rusia dan batu loncatan Barat untuk agresi terhadap rakyat kita,” kata Rogozin.

“Itulah mengapa apa yang kami sebut Operasi Militer Khusus jauh melampaui makna dan geografi aslinya,” kata Rogozin 

Dia tidak mengatakan wilayah lain mana yang diincar Putin di luar Ukraina. Namun dia mengklaim NATO terlibat dalam perang proksi yang menggunakan tentara Ukraina untuk berperang tanpa membahayakan pasukan mereka sendiri.

"Angkatan bersenjata Ukraina adalah umpan meriam yang bisa dibuang untuk NATO," katanya. “Mereka hanya operator yang dilatih oleh instruktur NATO yang menekan tuas dan tombol senjata NATO.”

Dilaporkan oleh Daily Mail, Pada  Minggu, 8 Mei para pemimpin G7 termasuk Presiden AS Joe Biden mengadakan pembicaraan dengan Presiden Ukraina Zelensky.

Menurut perkiraan PBB, saat perang mendekati minggu kesepuluh, lebih dari 3.000 warga Ukraina dipastikan tewas dalam konflik tersebut.

Organisasi itu mengatakan bahwa jumlah sebenarnya 'kemungkinan jauh lebih tinggi', dan sumber-sumber independen menunjuk pada lebih dari 10.000 korban sipil di negara yang dilanda perang itu. NATO memperkirakan bahwa Rusia dan Ukraina masing-masing kehilangan sekitar 15.000 tentara.