Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Medan Siap Ada untuk Warga
Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan Hariadi Fitrianto (nomor 3 dari kiri) meresmikan SPKLU kedua yang berlokasi di The City View Polonia. (ANTARA/HO)

Bagikan:

MEDAN - Kota Medan saat ini memiliki dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) melayani dan memudahkan masyarakat pengguna kendaraan listrik mobil atau sepeda motor.

"Kedua SPKLU itu yakni yang pertama di Jalan Listrik ULP Medan Kota dan kedua berada di City View Polonia," kata Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan Hariadi Fitrianto, dalam keterangan tertulis, Jumat (10/6).

Hal itu dikatakan Manajer PLN UP3 Medan ketika meresmikan SPKLU kedua yang berlokasi di The City View Jalan Adi Sucipto Polonia Medan, Selasa (7/6).

Kendaraan listrik lebih hemat dan murah

Hariadi menyebutkan, menggunakan kendaraan listrik, lebih hemat dibanding memakai BBM. Untuk listrik 1 kWh seharga Rp2.466, sementara 1 liter Pertamax Rp12.000.

"Dengan jarak tempuh yang setara mobil listrik 1 kWh rata-rata dapat menempuh 10 Km, sama dengan 1 liter mobil BBM yang menempuh 10 Km perjalanan" ucapnya.

Ia mengatakan, kendaraan listrik tidak menimbulkan polusi dan suara kebisingan.

Namun pada saat ini diakuinya, harga kendaraan listrik masih lebih mahal dibanding dengan kendaraan menggunakan BBM, tetapi di sisi operasional sehari-hari lebih hemat kendaraan listrik.

Peresmian ini sebagai bentuk dukungan PLN terhadap penggunaan kendaraan berbasis baterai.

"SPKLU ini memiliki fasilitas charge in, dimana pengisian listrik sekitar setengah jam saja, sedangkan apabila charger di rumah bisa berjam-jam karena alat charger menggunakan daya besar dan fast charging, " kata Manajer PLN UP3 Medan.

Selain Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!