Anak Usaha Geely, Xingji Technology, Gandeng  Meizu Produksi Ponsel Premium di China
Meizu dan anak usaha Geely patungan buat pabrik ponselpremium. (foto; twitter @meizu)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah usaha yang dijalankan oleh pendiri pembuat mobil asal Cina, Zhejiang Geely Holding mengumumkan pada Senin, 4 Juli bahwa mereka akan berusaha untuk memecahkan keseragaman dalam industri smartphone, setelah menyelesaikan pembelian saham mayoritas di merek handset Meizu.

Kesepakatan oleh Hubei Xingji Shidai Technology Co Ltd, yang diluncurkan oleh ketua Geely, Eric Li, tahun lalu sebagai bagian dari usaha pembuat mobil ke bisnis smartphone premium. Kabar ini pertama kali diungkapkan ke publik pada Juni melalui pernyataan dari regulator pasar China.

Pembelian tersebut membawa Geely, sebuah perusahaan mobil Cina mapan yang dikenal di luar negeri karena kepemilikannya atas Volvo, selangkah lebih dekat untuk memasuki sektor perangkat keras konsumen yang sangat kompetitif.

“Xingji Technology menyelesaikan pembelian 79,09% saham Meizu,” kata perusahaan tersebut pada hari Senin, seperti dikutip Reuters.

Meizu, perusahaan elektronik konsumen China yang berusia hampir dua dekade, menjadi terkenal di awal dekade pertama sebagai Android China yang sedang naik daun. Namun, itu dikalahkan oleh saingan dan sekarang menempati pangsa pasar marjinal.

Sementara Meizu akan tetap sebagai merek independen, mereka akan bekerja sama secara erat di berbagai bidang seperti perangkat lunak.

Pada konferensi pers yang disiarkan langsung, Shen Ziyu, Ketua Meizu dan Wakil Ketua Xingji Technology, mengatakan bahwa perusahaan percaya bahwa mereka dapat berhasil menarik pelanggan dengan menawarkan produk yang berbeda, terutama di tingkat premium.

"Kami dari industri mobil dan penjualan mobil secara keseluruhan telah menurun, tetapi kendaraan energi baru tumbuh dengan cepat," kata Shen. “Sehubungan dengan smartphone, ada sangat sedikit pilihan di kelas atas, dan ada banyak pilihan di kelas bawah, tetapi homogenisasi sangat serius,"

Perusahaan juga mengatakan bahwa Meizu telah membedakan dirinya dengan FlymeOS, kustomisasi berbasis Android buatan sendiri, dan berharap untuk memperluas perangkat lunaknya di berbagai perangkat. Mereka tidak mengungkapkan persyaratan keuangan dari kesepakatan itu.

Xingji Technology juga mengatakan saat ini sedang mengembangkan portofolio smartphone generasi berikutnya, perangkat seluler, dan perangkat pintar yang dapat dipakai yang akan memanfaatkan teknologi realitas yang diperluas.

Reuters melaporkan pada September 2021 bahwa Xingji Technology memiliki target untuk merilis smartphone pertamanya pada tahun 2023 dan menjual 3 juta unit pada tahun pertama.

Xingji Technology akan bersaing dengan Huawei-spin-off, Honor, yang saat ini memimpin pasar, serta Xiaomi Corp, Oppo, Vivo, dan Apple, yang mempertahankan pengikut setia di China.

Geely terjun ke sektor smartphone terjadi karena konsumen China menuntut lebih banyak teknologi pintar dari mobil mereka. Misalnya, teknologi yang mendukung kemampuan untuk menggunakan aplikasi seluler dari dasbor mobil. Itu juga muncul ketika industri smartphone sedang berjuang untuk tumbuh, baik di China maupun secara global.

Menurut perusahaan riset Canalys, pengiriman smartphone di seluruh dunia pada kuartal pertama 2022 turun 11% per tahun, sementara pengiriman di China turun 17% dibandingkan periode yang sama. Namun tren penurunan itu tak menyurutkan langkah Geely masuk ke bisnis ponsel.