Peretas, Penipu dan Penjahat Kriminal Gunakan RenBridge untuk Cuci Hasil Kejahatan
Peretas gunakan RenBridge untuk cuci uang hasil kejahatan. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Peretas, penipu, dan penjahat lainnya telah mencuci uang setidaknya  540 juta dolar AS melalui jaringan jembatan cryptocurrency, RenBridge, sejak 2020. Hal ini diungkapkan oleh grup analisis blockchain Elliptic.

RenBridge ditawarkan sebagai cara untuk dengan mudah mengonversi mata uang virtual seperti ZCash dan Bitcoin ke jaringan Ethereum dan kemudian ke blockchain lainnya. Tetapi “selain alat yang sah, jembatan lintas rantai ini juga muncul sebagai fasilitator utama pencucian uang,” yang memungkinkan pengguna menghindari peraturan dan memindahkan uang dengan mudah melintasi jaringan. Hal ini  termasuk hasil operasi ransomware dan pencurian dari rantai lain.

Cryptocurrency tidak dapat dilacak seperti yang diharapkan beberapa pengguna, tetapi masih mungkin untuk menutupi sumber dana dengan layanan tertentu, terutama yang terdesentralisasi seperti Elliptic. Regulator pun sudah mulai memperhatikan.

Awal pekan ini, Departemen Keuangan AS menyetujui Tornado Cash, mixer terdesentralisasi yang dirancang untuk mengaburkan sumber kripto. Itu membuat langkah serupa dengan mixer Blender.io pada bulan Mei. Dalam kedua kasus tersebut, pemerintah AS mencatat dugaan penggunaan layanan oleh kelompok peretas Korea Utara.

Laporan Elliptic juga menunjukkan bahwa RenBridge digunakan untuk mencuci uang yang dicuri dari jaringan crypto Liquid Jepang, dan peretasan yang terkait dengan Korea Utara. Ia juga mengklaim RenBridge populer di antara operasi ransomware yang terkait dengan Rusia, dan mengatakan  153 juta dolar AS dalam ransomware dicuci melalui layanan tersebut.

Banyak layanan digital lainnya dapat digunakan untuk tujuan kejahatan dan non-kriminal, seperti privasi dan penghindaran sensor. Namun keuangan terdesentralisasi atau DeFi sangat penuh dengan pencurian dan peretasan, dan mengidentifikasi chokepoint berpotensi berguna bagi analis keamanan dan pemerintah.