Instagram Lindungi Fitur Edit Agar Tak Bisa Digunakan untuk Konten TikTok, Harus Posting Dulu di Reels
Instagram batasi edit video untuk di reels. (foto; dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram terlihat mulai bosan dengan pembuat konten yang membuat video mereka di Reels dan kemudian beralih ke TikTok. Saat menggunakan Reels pekan ini, The Verge menemukan bahwa ketika mencoba mengunduh klip yang diedit ke iPhone, audio dari klip tersebut menghilang.

Ini berarti jika pengguna ingin mengekspor rekaman dari Reel untuk digunakan di aplikasi lain, maka pengguna harus benar-benar memposting di Reel terlebih dahulu untuk menyimpan suaranya.

Baru-baru ini pada akhir Juli, memang dimungkinkan untuk mengunduh klip dengan audio dan menggunakannya di aplikasi terpisah, misalnya di TikTok , tanpa mempostingnya terlebih dahulu di Reels Instagram.

Berbicara dari pengalaman ini, alat dalam aplikasi TikTok tidak terlalu berguna untuk pengeditan lebih lanjut. TikTok tidak mengizinkan Anda menggunakan beberapa filter saat memulai dengan rekaman yang difilmkan di luar aplikasi mereka, dan itu tidak memungkinkan Anda mengunduh klip yang belum selesai atau diberi tanda air (water mark). YouTube Shorts juga baru saja menambahkan persyaratan water mark ini.

Untuk menyiasatinya, pengguna TikTok dapat melompat ke Instagram, yang memiliki fitur serupa untuk Reels. Pengguna dapat menggunakan efek layar hijau Instagram, yang lebih fleksibel untuk diedit daripada versi TikTok, lalu mengunduh klip itu dan mengirimkannya ke TikTok.

Trik ini digunakan oleh pembuat konten baik sebagai cara untuk melewati alat pengeditan TikTok yang mengerikan dan sebagai cara untuk menggunakan fitur atau filter video yang hanya ada di Instagram.

Sementara semua langkah ini membuat pembuatan film untuk pembuat konten sedikit lebih memakan waktu, mengandalkan klip Instagram yang diunduh adalah salah satu cara termudah untuk membuat video TikTok yang lebih dinamis sambil tetap menggunakan filter.

Tanpa kemampuan untuk mengunduh klip dengan suara, pengguna kini dihadapkan pada dua pilihan: bergantung sepenuhnya pada perangkat lunak pengeditan TikTok yang buruk hanya untuk menggunakan fitur tertentu atau mengunggah ke Instagram Reels.

Perubahan ini muncul setelah Instagram sementara berjalan kembali perubahan algoritma TikTok-esque. Tapi itu masih merupakan tanda bahwa Instagram bertekad untuk mencuri takhta platform video bentuk pendek yang saat ini dikuasai TikTok.