Apple Perluas Service Mandiri untuk Pengguna MacBook Air dan Pro, Perbaikan Jadi Lebih Murah
Apple sediakan perbaikan mandiri untuk MacBook. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Apple memperluas program perbaikan DIY (do it yourself) untuk menyertakan laptop MacBook Air dan MacBook Pro yang dilengkapi dengan chip M1. Setelah program resmi dibuka 23 Agustus, maka Anda akan dapat membeli suku cadang asli untuk MacBook Air M1 2020, MacBook Pro 13 inci, dan MacBook Pro 14 dan 16 inci 2021 M1 di Toko Perbaikan Layanan Mandiri Apple.

Program ini memperluas program perbaikan yang diluncurkan Apple pada awal tahun ini, yang awalnya hanya menyertakan suku cadang untuk iPhone 12 dan 13, seperti layar, baterai, dan kamera. Sayang program itu saat ini hanya tersedia di AS. Namun Apple berencana membawanya ke Eropa berikutnya. Bahkan mungkin ke Asia, khususnya Indonesia suatu saat nanti.

Apple telah membuat sejumlah komponen MacBook tersedia untuk perbaikan sendiri mulai, layar, casing atas dengan baterai, Touch ID, dan trackpad. Sama seperti Apple dengan iPhone-nya, mereka juga menawarkan kredit yang dapat diberikan untuk perbaikan setelah pemilik menyerahkan bagian lama yang diganti.

Untuk tampilan MacBook Air, pemilik atau pengguna dapat membayar 395,12 dolar AS, sedangkan layar 14-inci MacBook Pro dan sensor sudut tutup berharga 672,32 dolar AS. Harga untuk trackpad dan Touch ID sama untuk kedua notebook, masing-masing seharga 95,92 dolar AS dan 87,10 dolar AS. Seperti yang dicatat oleh TechCrunch, harga untuk suku cadang Mac lainnya sangat bervariasi misalnya 5 dolar AS untuk sekrup, 29 dolar AS untuk speaker, dan sekitar 580 dolar AS untuk seluruh keyboard.

Apple juga berencana untuk memperluas jenis perbaikan di masa depan dan juga akan memperluas program ke lebih banyak model Mac "akhir tahun ini," seperti M2 MacBook Air, iMac, dan Mac Studio Display.

Jika Anda tidak ingin membeli alat yang diperlukan untuk melakukan perbaikan, Apple juga menyediakan penyewaan kit seharga 49 dolar AS. Namun perangkat tersebut harus jauh lebih kecil daripada unit seberat 79 pon yang dikirimkan Apple kepada para pelanggan untuk memperbaiki iPhone mereka.

Siaran pers Apple tidak merinci tentang proses yang sebenarnya, tetapi dapat menukar modul Touch ID atau papan logika (keyboard) di rumah berarti, seperti halnya personel perbaikan resmi, itu perlu diserialisasi, baik dengan alat atau oleh Apple sebelum suku cadang dikirim.