WSJ Ungkap Kesalahan Besar Instagram karena Lakukan Tiktok-ifikasi, Jubir Meta Membantah
Instragram berusaha menjadi TikTok. (foto: twitter @instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Upaya Instagram untuk mengambil alih peran TikTok di pasar media sosial, dituding telah merugikan platform ini jutaan dolar. Mulai dari pembaruan aplikasi yang tak terhitung jumlahnya, dan kemarahan yang melibatkan orang-orang paling terkenal di planet ini.

Mereka rata-rata marah karena arah yang diinginkan platform itu tidak jelas. Bahkan sejauh ini setelah berbagai usaha, Instagram belum mampu mengejar perusahaan yang ingin dikejarnya, TikTok.

Dokumen internal Meta yang diperoleh The Wall Street Journal melukiskan gambaran Instagram yang berjuang untuk mengadili pembuat konten saat Reels jatuh. Dibandingkan dengan 197,8 juta jam yang dihabiskan pengguna di TikTok sehari, pengguna Instagram hanya menghabiskan 17,6 juta untuk menonton Reels. Ini kurang dari sepersepuluh, menurut dokumen berjudul, “Creators x Reels State of the Union 2022.”

Laporan menurut The Wall Street Journal, yang diterbitkan pada bulan Agustus, mengatakan keterlibatan Reels telah turun 13,6 persen selama empat minggu terakhir, dan "sebagian besar pengguna Reels tidak memiliki keterlibatan sama sekali".

Masalah utama untuk Instagram adalah kurangnya konten asli di Reels  karena hampir sepertiga video dibuat di tempat lain, dengan tanda air atau sesuatu yang tentang itu. Konten TikTok daur ulang telah mengganggu Reels untuk sementara waktu. Instagram bahkan langsung keluar dan mengatakan itu menurunkan peringkat konten yang diposting ulang dalam rekomendasi.

Untuk menarik orang agar membuat konten untuk Instagram dan Facebook, Meta telah mengalokasikan 1 miliar dolar AS (Rp14,8 triliun) untuk pembayaran pembuat konten hingga akhir tahun. Bahkan pembuat Reels Instagram telah menerima total 120 juta dolar AS sejauh ini.

Juru bicara Meta, Devi Narasimhan, mengatakan kepada The Verge bahwa waktu yang dihabiskan untuk menonton Reels dibandingkan dengan TikToks dalam laporan tersebut sudah ketinggalan zaman dan tidak bersifat global, melainkan mencerminkan “snapshot momen-in-time.”

“Kami masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi pembuat konten dan bisnis melihat hasil yang menjanjikan dan pertumbuhan monetisasi kami lebih cepat dari yang kami harapkan karena lebih banyak orang yang menonton, membuat, dan terhubung melalui Reel daripada sebelumnya,” kata Narasimhan, seperti dikutip The Verge.

“Keterlibatan Reels naik dari bulan ke bulan secara keseluruhan, dan angka 120 juta dolar AS sudah ketinggalan zaman dan menyesatkan,” kata Narasimhan. Namun ia menolak untuk membagikan angka yang diperbarui atau memberikan lebih banyak konteks.

Karena Meta telah membuat Instagram semakin menyerupai TikTok, pengguna media sosial itu justru memberontak. Pada Juli, sebuah posting Instagram viral yang memohon platform untuk "berhenti berusaha menjadi TikTok". Ini juga diposkan ulang oleh Kylie Jenner dan Kim Kardashian dan disukai oleh jutaan orang.

Posting itu memaksa platform untuk merespons dan membatalkan beberapa perubahan yang diusulkan. Ada ketidakpuasan yang berkembang dari pembuat lama Instagram seperti fotografer dan advokat, yang telah menyatakan frustrasi pada poros keras ke Reels.

Laporan yang diperoleh The Wall Street Journal mengatakan bahwa persentase pengguna Instagram yang percaya bahwa perusahaan “peduli” kepada mereka menukik tajam dalam beberapa tahun terakhir, dari 70 persen pada 2019 menjadi sekitar 20 persen pada awal musim panas ini.

Narasimhan mengatakan angka tersebut tidak akurat dan tidak mencerminkan data perusahaan tetapi tidak memperluasnya.

Suka atau tidak suka, Meta akan melanjutkan dengan TikTok-ifikasi Instagram dan Facebook. Perusahaan semuanya ada di dalam Reel, dan pengguna akan melihat semakin banyak konten yang direkomendasikan dari akun yang tidak mereka ikuti. Semoga saja konten tersebut belum muncul di halaman Untuk Anda.