Apple Diyakini Adopsi Pengisian Daya USB-C pada 2024 untuk Patuhi Peraturan Uni Eropa
Aplle akan terapkan kabel USB-C di semua produknya pada 2024. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Apple bersiap untuk mengadopsi pengisian USB-C di seluruh lini AirPods dan aksesori Mac dalam beberapa tahun ke depan. Pergeseran dari kabel Lightning ini muncul ketika Uni Eropa telah mengamanatkan pengisian USB-C pada semua jenis smartphone, tablet, dan headphone baru yang dirilis di wilayah tersebut pada akhir 2024.

Meskipun undang-undang tersebut belum ditandatangani menjadi undang-undang, namun undang-undang tersebut telah menerima persetujuan dari Parlemen Eropa pekan lalu.

Untuk mematuhi aturan yang akan datang, , Mark Gurman dari Bloomberg yakin Apple mungkin membawa USB-C ke AirPods, AirPods Pro, dan AirPods generasi berikutnya pada tahun 2024. Sementara aksesori Mac, termasuk Magic Mouse, Magic Keyboard, dan Magic Trackpad dapat beralih ke USB-C secepatnya tahun depan.

Apple akan memperbarui jajaran Mac-nya dengan iMac dan Mac Pro baru tahun depan, dan sejak rilis Mac baru biasanya  bertepatan dengan pembaruan aksesori.  Gurman menyatakan bahwa keputusan ini adalah taruhan yang aman bahwa aksesori tersebut akan pindah ke USB-C di tahun depan. Gurman juga percaya bahwa Apple akan menukar AirPods-nya sebelum undang-undang UE mulai berlaku.

Awal tahun ini, sebuah laporan dari Gurman menyarankan bahwa Apple telah mulai menguji pengisian USB-C pada iPhone-nya, tetapi publik tidak mengharapkan aksesoris baru ini muncul di perangkat hingga paling cepat 2023.

Gurman mengulangi keyakinan ini dalam buletin Power On terbaru ini, sekali lagi ia menambahkan bahwa menurutnya Apple akan menambahkan port pengisian USB-C ke iPhone 15, serta ke iPad entry-level yang diharapkan akan dirilis pada akhir tahun ini.

Seperti yang ditunjukkan oleh rekan saya Jon Porter, Apple secara teknis tidak harus mematuhi undang-undang UE yang akan muncul sampai iPhone 17 dirilis pada musim gugur 2025, karena ada masa tenggang dua tahun yang memungkinkan Apple memiliki  cukup waktu untuk melakukan transisi ke USB-C. Meskipun demikian, Gurman berpikir Apple akan "dengan mudah mengalahkan tanggal jatuh tempo dengan produk yang paling laku.

Bahkan jika Apple melakukan transisi untuk menggunakan USB-C, Gurman berharap kehadirannya di perangkat Apple tidak akan bertahan lama. Gurman percaya bahwa Apple pada akhirnya akan membawa pengisian daya induktif ke iPhone dan iPad pada titik tertentu dalam beberapa tahun ke depan untuk mengatasi undang-undang tersebut.