Daftar Perusahaan Elon Musk yang Membuatnya Tajir, dari Usaha Otomotif hingga Media Sosial
Ilustrasi Elon Musk (Foto; Dok Leptabit)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perusahaan Elon Musk selalu menarik perhatian dunia. Selain inovasinya, perusahaan itu mampu membuat pundi-pundi uang Elon Musk makin bertambah. Daftar perusahaan Elon Musk pun makin menarik untuk dibicarakan.

Daftar Perusahaan Elon Musk

Elon Musk tidak hanya memiliki perusahaan otomotif berbasis teknologi, ia kini jadi pemilik perusahaan media sosial. Lalu, apa saja perusahaan yang dimiliki orang terkaya di dunia itu?

  1. Twitter

Twitter jadi perusahaan terbaru milik Elon Musk. Pria yang menyandang predikat salah satu orang terkaya di dunia baru saja mengambil alih perusahaan medsos berlogo burung biru itu senilai 44 miliar atau sekitar Rp683 triliun. Belum jelas apa yang akan dilakukan Elon melalui perusahaan baru tersebut. Namun beberapa sumber mengatakan bahwa Elon berencana membersihkan akun spam serta melestarikan platform tersebut sebagai wadah kemerdekaan berbicara.

  1. Tesla

Perusahaan otomotif ini sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia. Pasalnya perusaan Elon ini jadi penggagas mode autopilot di mobil listrik pertama dan berhasil menjual 2 juta unit hanya di tahun 2021. Angka tersebut diperkirakan meningkat di tahun selanjutnya. Kesuksesan Tesla membuat investor saham berebut untuk membeli saham Tesla.

Produsen kendaraan listrik ini berhasil menjadi perusahaan otomotif paling berhara sedunia. Nilai pasar Tesla juga sangat fantastis yakni mencapai Rp14.444 triliun.

  1. SpaceX

Tak hanya jadi orang terkaya di bumi, Elon bahkan berpeluang jadi orang terkaya di Mars. Ia adalah penggagas pembangunan peradaban manusia di Planet Mars melalui perusahaan SpaceX.

Perusahaan ini memproduksi roket dan menawarkan jasa perjalanan luar angkasa yang bisa dirasakan oleh siapapun asal mereka punya uang. SpaceX juga terus melakukan penelitiannya terkait terhadap luar angkasa sampai saat ini. Bahkan SpaceX disebut sebagai pesaing NASA dalam hal penemuan baru.

  1. Neuralink Corporation

Neuralink Corporation adalah perusahaan neuroteknologi yang mencoba mengembangkan teknologi yang menggabungkan mesin dengan otak manusia. Perusahaan ini ingin membuat implan otak untuk membantu manusia mencapai kecerdasan super.

Perusahaan yang didirikan oleh Elon ini juga bertujuan untuk menyembuhkan cedera otak traumatis dan mencoba menyembuhkan kelumpuhan yang sumbernya dari otak.

  1. OpenAI

Elon Musk membangun OpenAI sekitar 15 tahun silam. Perusaan ini bergerak pada riset kecerdasan buatan (AI) nirlaba yang bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan buatan untuk membantu kehidupan manusia.

Sayangnya Elon mengundurkan diri sebagai salah satu dewan perusahaan 3 tahun lalu, yakni pada 2018.

  1. The Boring Company

The Boring Company adalah perusahaan yang didirikan Elon Musk pada tahun 2016. Perusahaan ini bergerak di bidang konstruksi untuk membangun sistem transit dalam kota untuk mengatasi masalah lalu lintas. Perusahaan ini berhasil merampungkan terowongan di bawah Las Vegas Convention Center awal 2021 lalu. Nilai perusahaan ini mencapai hampir US$ 5,7 miliar.

  1. SolarCity

Perusahaan ini bergerak di bidang penyediaan sistem tenaga surya. SolarCity diakuisisi oleh Tesla pada tahun 2016 senilai AS$3,66 miliar. Saat itu Elon mencoba menggabungkan Solar City dan Tesla untuk menciptakan Tesla Energy. Perusahaan ini disebut jadi sumber kekayaan Elon.

Banyaknya perusahaan yang dibangun Elon Musk makin mengukuhkannya sebagai pria terkaya di dunia. Forbes menyebutkan total kekayaan Elon Musk mencapai US$ 225,5 miliar atau sekitar Rp3.269 triliun.

Itulah informasi terkait perusahaan Elon Musk. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.