Teka-Teki Menarik dari Ketinggian Gunung Everest
Ilustrasi (Photo by Andreas Gäbler on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Jika membicarakan tentang gunung tertinggi di dunia, sudah pasti teringat Gunung Everest. Tetapi, ketinggian pada gunung tersebut masih menjadi teka-teki sekaligus perdebatan.

Hal itu terjadi di antara kedua negara, Nepal dan China. Sebelumnya, Nepal mengukur tinggi Everest sebagai 29.028,87 kaki (8.848 Mdpl), sedangkan China memiliki ketinggian 29.017,16 kaki (8.845 Mdpl).

Namun kini kedua negara tersebut akhirnya sepakat soal ketinggian Gunung Everest yang sebenarnya, yakni memiliki ketinggian 8,848.86 Mdpl (29.031,69 kaki), bertambah 86 sentimeter dari atas permukaan laut, dan laporan ini lebih tinggi 2 kaki yang sebelumnya diakui oleh pemerintah Nepal.

Diketahui dari laporan BBC, Kamis 10 Desember, Gunung Everest berdiri di perbatasan antara China dan Nepal. Para pendaki gunung yang mendaki, mereka melewati kedua sisi negara tersebut. Kesepakatan untuk bersama-sama mengumumkan angka resmi ketinggian titik tertinggi di Bumi itu dibuat selama kunjungan Presiden China Xi Jinping ke ibu kota Nepal, Kathmandu, tahun lalu.

Jadi Perdebatan?

Beberapa tahun lalu, di 2015 terjadi gempa bumi yang menyebabkan tinggi Gunung Everest menyusut setelahnya menurut ahli geologi dan menewaskan 9.000 orang.

Gempa tersebut juga merusak satu juta bangunan di Nepal dan memicu longsoran salju yang menewaskan 19 orang di base camp.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa beberapa puncak Himalaya lainnya seperti Langtang Himal, sebagian besar di utara Kathmandu dan dekat dengan pusat gempa, telah berkurang ketinggiannya kira-kira satu meter setelah gempa bumi.

Lainnya berpendapat, bahwa Gunung Everest sama seperti gunung-gunung lain di pegunungan Himalaya, mungkin benar-benar lebih tinggi dari waktu ke waktu karena pergeseran lempeng tektonik yang didudukinya. Tetapi para ahli mengatakan gempa bumi besar dapat mengakibatkan proses itu terbalik.

"Gempa tahun 2015 juga merupakan alasan utama mengapa kami mengukur ulang gunung tersebut," kata Juru Bicara Departemen Survei Nepal, Damodar Dhakal.

Gunung Everest (Alex Copley, University of Cambridge)

Pengukuran Ketinggian Gunung Everest

Ketinggian Gunung Everest pertama kalinya ditentukan oleh tim Inggris pada 1856 dengan ketinggian 8.842 Mdpl. Tetapi, berdasarkan survei yang dilakukan India pada 1954, ketinggian yang tepat adalah 8.848 Mdpl, ditentukan pertama kali menggunakan instrumen seperti teodolit dan GPS.

Mengutip Indian Express, Teodolit merupakan instrumen presisi untuk mengukur sudut di bidang horizontal dan vertikal, terutama digunakan untuk tujuan khusus dalam bidang meteorologi dan teknologi peluncuran roket.

Sebuah teodolit modern terdiri dari teleskop. Ketika teleskop menunjuk target objek, masing-masing sudut sumbu dapat diukur dengan presisi yang besar.

Selanjutnya pada 1999, tim National Geographic Society yang menggunakan teknologi GPS menemukan ketinggian Gunung Everest malah mencapai 8.850 Mdpl.

National Geographic berpendapat, di bawah bungkusan salju terdapat hamparan abu-abu berbintik mirip bebatuan, yang memiliki tinggi 30.000 kaki di atas permukaan laut karena pergerakan lempeng tektonik. Bebatuan itu terus-menerus bergerak, membentuk bidang yang menjadi fokus para peneliti.

Di beberapa tempat, lempengan-lempengan itu terlepas, menciptakan lembah di daratan. Di tempat lain, mereka bertabrakan, mendorong gunung ke langit salah satunya Gunung Everest.

Menjulang di perbatasan Tibet dan Nepal, Gunung Everest terbentuk dari benturan tektonik antara lempeng tektonik India dan Eurasia pada puluhan juta tahun lalu.

Tabrakan itu menghancurkan lanskap, menaikkan pegunungan sepanjang sekitar 1.500 mil yang dikenal sebagai wilayah Himalaya.

Pada saat yang sama, saat bebatuan terus naik ke atas, erosi justru menghambat perkembangannya. Angin dan air menyapu permukaan, menyapu sedimen pegunungan dan bebatuan sekitarnya.

Sedangkan, Nepal beberapa tahun kemudian menggunakan Teluk Benggala sebagai pangkalan penghitungan permukaan lautnya, tetapi India telah mensurvei titik yang lebih dekat ke Everest, dekat perbatasan India-Nepal, dari teluk, dan mampu memberikan ketinggian pada titik tersebut bagi surveyor Nepal.

Dari sana, Nepal membangun jaringan stasiun garis pandang yang membentang hampir 250 km hingga titik Everest pertama kali terlihat, menciptakan rantai titik yang dapat diukur dan dijumlahkan.

Kemudian munculah klaim China pada 2005, yang mengatakan ketinggian Gunung Everest mencapai 8.844,43 Mdpl. Hal tersebut dikarena mereka tidak menyertakan ketebalan tanah yang tertutup salju.

Para surveyor China, menggunakan Laut Kuning di provinsi timur Shandong sebagai pangkalan permukaan laut mereka. Surveyor dari kedua negara juga menggunakan rumus trigonometri untuk menghitung ketinggian puncak.

Rumus yang mereka gunakan menghitung tinggi segitiga dengan mengalikan alasnya dengan sudutnya. Kedua belah pihak juga menggunakan Sistem Satelit Navigasi Global untuk menerima data ketinggian dari berbagai alat dalam perhitungan mereka.

"Ini adalah tonggak sejarah pendakian gunung, yang pada akhirnya mengakhiri perdebatan tentang ketinggian atap dunia, karena hanya ada satu angka," ungkap Ketua Asosiasi Pendaki Gunung Nepal, Santa Bir Lama.

Fakta Menarik Gunung Everest

Siapa yang tak tertarik mendaki Gunung Everest? Tidak sedikit para pendaki menjadikan gunung ini sebagai salah satu pencapaian mereka dalam hal mendaki gunung.

Bagaimana tidak, selain menjadi gunung tertinggi di dunia, Everest juga memiliki fakta menarik lainnya yang belum banyak diketahui orang. Untuk itu, sebelum mengunjunginya, simak fakta menarik Gunung Everest berikut ini.

1. Gunung Tertinggi di Dunia

Gunung Everest memiliki predikat sebagai gunung tertinggi di dunia. Ketinggian gunung ini yakni 8.848 Mdpl di atas permukaan laut.

Gunung Everest juga disebut Chomolungma oleh orang-orang Tibet yang memiliki arti Mother Goddess of the Universe. Pemerintah Nepal sebelumnya juga memberi nama Sagarmatha, yang dapat diartikan sebagai Dewi Langit.

2. Termasuk dalam Seven Summits Dunia

Seven Summits merupakan rangkaian tujuh gunung tertinggi di tujuh lempeng benua. Tujuh gunung tersebut yaitu Gunung Carstensz Pyramid ketinggian 4.884 Mdpl di Papua (lempeng Australasia), Gunung Elbrus ketinggian 5.642 Mdpl di Rusia (lempeng Eropa).

Adapula Gunung Kilimanjaro ketinggian 5.895 Mdpl di Tanzania (lempeng Afrika), Gunung Aconcagua ketinggian 6.962 Mdpl di Argentina (lempeng Amerika Selatan), Gunung Vinson Massif ketinggian 4.892 Mdpl di Antartika (lempeng Antartika).

Kemudian, Gunung Denali ketinggian 6.190 Mdpl di Alaska (lempeng Amerika Utara) dan Gunung Everest ketinggian 8.848 Mdpl di Nepal (lempeng Asia).

3. Memiliki 18 Jalur Pendakian

Gunung Everest terletak di lempeng Benua Asia. Pada bagian selatan berbatasan dengan Nepal, di bagian utara berbatasan dengan China dan Tibet. Ada sekitar 18 alternatif jalur pendakian di Gunung Everest.

4. Oksigen yang Begitu Tipis

Saat berada di puncak Everest, oksigen akan terus menurun hingga sepertiganya. Semakin tinggi dari permukaan laut, tekanan udara semakin rendah. Tekanan udara yang rendah tersebut membuat oksigen menyebar sehingga lebih sedikit.

Guna menghindari kekurangan oksigen saat pendakian, para pendaki pun disarankan membawa tabung oksigen saat mendaki ke puncak Everest.

5. Medan Sangat Berat dan Terjal

Selain tipisnya oksigen di Gunung Everest, pendaki juga harus siap melewati medan yang berat. Seperti tebing dengan jurang terjal di sisi kanan dan kiri. Suhunya juga bisa mencapai minus 80 derajat Fahrenheit.

6. Suku Sherpa Kerap Membantu

Suku Sherpa yang tinggal di Nepal Barat biasanya akan membantu para pendaki. Karena orang-orang dari suku Sherpa sudah terbiasa dengan ketinggian yang begitu ekstrem di Nepal. Biasanya mereka membantu membawa peralatan pendakian dan memasak di camp.

7.  Perempuan Indonesia Berhasil Capai Puncak Everest

Ya, diketahui dua perempuan Indonesia pertama berhasil mencapai puncak Gunung Everest dan mengibarkan bendera Indonesia.

Mereka adalah Fransiska Dimitri Inkiriwang (Deedee) dan Mathilda Dwi Lestari (Hilda) yang tergabung dalam tim The Women of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala Unpar ( WISSEMU).

Srikandi Indonesia ini berhasil menapakkan kaki di titik tertinggi di dunia pada 17 Mei 2018 tepat pukul 05.50 waktu setempat atau sekitar pukul 07.05 WIB.

Keduanya pun menjadikan puncak Gunung Everest, sebagai gunung terakhir yang mereka capai untuk mengibarkan bendera Indonesia di tujuh gunung tertinggi di tujuh benua.