Fitur AR Live View Google Maps Sekarang Makin Canggih, Bisa Tampilkan Tempat Ngopi dan ATM
Google meluncurkan pembaruan untuk aplikasi Maps-nya, (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google meluncurkan pembaruan untuk aplikasi Maps-nya, dimana pengguna dapat menggunakan augmented reality (AR) untuk menjelajahi toko dan fasilitas umum mana yang kebetulan ada di depan mata.

Pembaruan itu adalah bagian dari fitur Live View, yang sebelumnya sebagian besar berfokus pada overlay petunjuk arah pada umpan video di sekitar pengguna.

Fitur tersebut baru akan tersedia di London, Los Angeles, New York, Paris, San Francisco, dan Tokyo mulai minggu depan untuk pengguna iOS dan Android.

Menurut keterangan Google, fitur ini dapat menunjukkan kepada pengguna lokasi seperti kedai kopi dan ATM saat mereka mengangkat ponsel dengan kamera menyala dan mengarahkannya ke dunia di sekitar.

Jika pengguna berada di kota tempat layanan Google Search dengan Live View tersedia, cukup ketuk tombol kamera di bilah penelusuran Google Maps, arahkan kamera ponsel ke gedung dan tempat terdekat, dan cari titik yang muncul, itu menunjukkan lokasi bangunan.

Pengguna dapat mengetuk titik untuk mempelajari lebih lanjut tentang lokasi. Fitur ini bekerja mirip dengan petunjuk jalan kaki dan transit Live AR yang sudah ada.

Melansir The Verge, Jumat, 17 November, pembaruan lainnya hadir untuk Google Maps. Jika pengguna mencari stasiun pengisian daya EV, kini mereka dapat menyetel filter pengisian cepat yang membantu menemukan stasiun dengan pengisi daya 50kW atau lebih tinggi.

Google juga membuat fitur tempat yang dapat diakses, pengguna bisa melihat apakah tujuan di Maps dapat diakses kursi roda, menemukan restoran dan toko yang menawarkan tanjakan, tempat parkir, tempat duduk, dan toilet yang sesuai. Fitur tersebut kini tersedia secara global, setelah pertama kali diluncurkan pada 2020 di Australia, Jepang, Inggris, dan AS.

Fitur terakhir, Google juga meluncurkan alat baru khusus di AS agar penggunanya dapat melihat sepatu kets dalam AR. Dan fitur Multisearch, di mana pengguna dapat mencari makanan yang tepat dan melihat restoran apa yang menyajikannya di dekat mereka. Fitur itu akan tersedia di perangkat seluler dan di aplikasi Google Android dan iOS.