Nvidia Luncurkan <i>VGA Card</i> Terkuat Versi 40 untuk <i>Laptop Gaming</i> di CES 2023
Nvidia luncurkan kartu grafis (VGA card) seri RTX 40 terbarunya. (foto: @NVIDIAStudio)

Bagikan:

JAKARTA - Nvidia telah mengumumkan bahwa kartu grafis (VGA card) seri RTX 40 terbarunya akan dikirimkan di laptop gaming mulai Februari 023. Opsi yang paling kuat adalah RTX 4090, tetapi semuanya mengarah ke RTX 4050.

Jangan harap performa varian GPU di laptop ini bisa menyamai rekannya di  desktop. Namun, mereka tampaknya memiliki semua fitur eksklusifnya, termasuk DLSS 3, yang menghadirkan pembuatan bingkai untuk peningkatan kinerja serta penelusuran sinar yang lebih baik dari sebelumnya.

Adapun laptop mana yang akan menerima peningkatan seri RTX 40 terlebih dahulu, Nvidia memanggil mitra seperti X16 baru Alienware, Dell, Acer, Gigabyte, MSI, Samsung, Lenovo, dan Razer dalam berbagai faktor bentuk, termasuk mesin studio yang lebih tipis dan 14 inci laptop.

Meskipun RTX 4070 bukan GPU seluler Nvidia yang paling kuat, namun ia menawarkan beberapa kemampuan yang mengesankan. Nvidia mengatakan selama streaming langsung CES 2023 bahwa mereka memberikan tingkat kinerja RTX 3080 dengan sepertiga daya.

Chip 40-seri ini menggunakan memori GDDR6 bertegangan rendah yang memungkinkan kinerja yang terdengar sangat cepat tanpa menggunakan banyak daya. Dan dengan menggunakan lebih sedikit daya, masa pakai baterai secara teoritis akan meningkat.

Dilaporkan oleh The Verge, dengan RTX 4090 dan 4080 yang lebih cepat, Nvidia mengklaim bahwa laptop dapat mendorong gambar beresolusi 4K ke tiga monitor sekaligus pada 60 frame per detik, dan mengklaim bahwa mereka menyediakan ekspor video dua kali lebih cepat dibandingkan dengan chip grafis generasi sebelumnya.