Cara Hapus File Sampah dan <i>Cache</i> di Mac
Ilustrasi MacBook (Image Credit: Wesson Wang / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Selain smartphone, laptop maupun PC merupakan salah satu perangkat yang paling dibutuhkan untuk menunjang produktivitas sehari-hari ketika bekerja. Terkadang, kita sering kesal jika perangkat yang digunakan tidak cepat respon atau lemot.

Karenanya perlu diketahui, aktivitas seperti membuka program, membuka email, dan menjelajah situs disimpan pada file sementara di dalam komputer yang disebut dengan cache.

Apple menyatakan bahwa cache membantu mengurangi penggunaan data internet dan mempercepat penginstalan perangkat lunak di Mac, perangkat iOS, iPadOS, dan Apple TV.

Bahkan, saat pengguna melakukan pencarian di browser, secara otomatis sistem akan mengunduh data seperti gambar, skrip, dan kredensial. Semua data ini disimpan dalam cache.

Kemudian, ketika pengguna membuka kembali browser tersebut, proses memuat data akan lebih cepat dan tidak menghabiskan waktu untuk mengunduh informasi itu lagi karena tersimpan di cache.

Sebagai catatan, cache sendiri memiliki beberapa jenis, di antaranya yaitu cache data pengguna, cache sistem, dan cache browser.

Guna mempertahankan performa Mac, penting bagi pengguna untuk menghapus informasi yang ada di cache sesekali. Karena hal ini membantu mengosongkan ruang penyimpanan agar sistem operasi tidak lemot.

Berikut cara menghapus cache di Mac sebagaimana dikutip VOI dari Mashable, Senin 28 Desember.

1. Tekan Shift + command + G di jendela Finder.

2. Kemudian, saat muncul “Go to Folder” ketik perintah berikut: ~/ Library / Caches di kotak pencarian. 

3. Tekan tombol “Go” dan sebuah folder berisi cache akan muncul.

4. Setelah itu, Anda dapat menelusuri setiap folder dan secara manual menghapus cache tertentu dengan menyeretnya ke tong sampah.

Sebagai catatan, cache pada sistem tidak menggunakan ruang sebanyak cache data pengguna atau aplikasi. Biasanya, file cache ini dihasilkan oleh sistem operasi Mac.

Itu artinya, pengguna harus lebih berhati-hati saat memilih apa yang akan dihapus. Sebab, folder cache tertentu berperan penting dalam beroperasinya sistem dengan lancar.