Firefly Aerospace Gunakan Roket Blue Ghost untuk Mengirimkan Payload NASA ke Bulan pada 2026
Desain Blue Ghost transfer vehicle yang tangguh dan serba guna.(foto: twitter @esherifftv)

Bagikan:

JAKARTA - Firefly Aerospace, Inc., sebuah perusahaan transportasi antariksa end-to-end, memenangkan kontrak senilai  112 juta dolar AS (Rp1,7 triliun) dari NASA untuk mengirimkan beberapa muatan lunar pada tahun 2026.

Ini menjadi  tugas kedua Firefly yang dimenangkan di bawah inisiatif Commercial Lunar Payload (CLPS) NASA. Kali ini perusahaan ini akan menggunakan pesawat ruang angkasa Blue Ghost dalam konfigurasi dua tahap untuk pertama-tama menempatkan satelit ke dalam orbit bulan dan kemudian mengirimkan dua muatan penelitian di sisi jauh bulan.

"Misi lunar kedua kami adalah sesuatu yang kami rayakan sebagai tim Firefly, sebagai penyedia komersial NASA, dan yang paling penting, sebagai perusahaan all-American yang berkomitmen untuk menjadikan eksplorasi antariksa impian yang dapat dicapai bagi semua orang," kata Bill Weber, CEO Firefly Aerospace, dalam posting blog perusahaan.

"Misi ini akan memperkenalkan pesawat ruang angkasa Blue Ghost yang unik dalam konfigurasi dua tahap, menawarkan opsi penempatan yang beragam bagi NASA dan pelanggan lainnya saat kami bersama-sama membangun infrastruktur untuk operasi bulan berkelanjutan dan eksplorasi planet," ungkap Weber.

Muatan yang diberikan oleh NASA dan dikirimkan oleh Firefly akan memajukan penelitian dan infrastruktur lunar sejalan dengan peta jalan Moon-to-Mars NASA. Sebelum mendarat di Bulan, pesawat transfer Blue Ghost  akan meluncurkan satelit Lunar Pathfinder dari European Space Agency ke orbit bulan untuk memberikan komunikasi bagi wahana antariksa, robot, dan penjelajah manusia di masa depan.

Setelah mendarat di sisi jauh bulan, pendarat lunar Blue Ghost akan mengirimkan dan mengoperasikan Terminal Pengguna S-Band NASA, memastikan komunikasi yang tidak terputus untuk eksplorasi lunar, dan muatan penelitian yang mengukur emisi radio untuk memberikan wawasan tentang asal-usul alam semesta.

Selain muatan NASA, misi Firefly menawarkan pengiriman muatan dan layanan orbit untuk pelanggan pemerintah dan komersial tambahan. Desain Blue Ghost transfer vehicle yang tangguh dan serba guna serta cadangan bahan bakarnya akan memungkinkan berbagai kesempatan misi, termasuk pengambilan sampel lunar dan eksplorasi lebih lanjut ke planet terdekat seperti Mars dan Venus, serta layanan orbita jangka panjang, seperti komunikasi dan survei.

"Kemampuan Firefly untuk menyediakan kemampuan tambahan kepada banyak pelanggan dalam misi yang sama menurunkan biaya, memperluas eksplorasi antariksa, dan memberikan kemenangan bagi semua orang yang terlibat," kata Jana Spruce, Wakil Presiden Spacecraft di Firefly Aerospace.

"Kami menyambut mitra tambahan untuk bergabung dengan kami dalam misi bersejarah ini saat masyarakat kita memulai era baru pengembangan komersial di ruang cislunar dan di luar itu," tambah Spruce.

Misi pertama Firefly, Blue Ghost Mission 1, dijadwalkan akan diluncurkan pada 2024 dan akan mengirimkan 10 muatan yang disponsori NASA dan dua muatan komersial ke Mare Crisium, suatu cekungan rendah di sisi dekat Bulan.

Pelanggan yang tertarik dengan pengiriman muatan dan layanan orbit yang tersedia di Blue Ghost dapat menemukan informasi lebih lanjut di https://fireflyspace.com/blue-ghost-mission-2/.