Pinterest Hadirkan Fitur Belanja di Shuffles, Mudahkan Pengguna Beli Produk Hanya dalam Satu Ketukan
Pinterest kembali meluncurkan kemampuan baru di aplikasi pembuat kolasenya, Shuffles, (foto: dok. pinterest)

Bagikan:

JAKARTA - Pinterest kembali meluncurkan kemampuan baru di aplikasi pembuat kolasenya, Shuffles, dengan menghadirkan fitur belanja.

Pada aplikasi yang diluncurkan ke publik tahun lalu ini, pengguna bisa membuat kolase foto menggunakan perpustakaan foto milik Pinterest atau memotret objek dengan kamera iPhone mereka.

Kali ini, perusahaan meluncurkan fitur belanja sebagai Pin biasa. Pengguna dapat melihat produk yang digunakan dalam kolase dengan satu ketukan, kemudian mereka akan disuguhkan berupa informasi merek, harga dan metadata produk lainnya atau produk serupa.

Pinterest menyatakan, tidak seperti eksplorasi produk pada umumnya, Shuffles menghadirkan interaktivitas yang membuat pengalaman menjadi inspiratif dan menyenangkan.

“Gen-Z membuat konten segar dan relevan bersama rekan-rekan mereka, yang dengan cepat menjadi pasar ide-ide trendi dan dapat dibeli. Sifat Shuffles dengan kepadatan tinggi, yang dapat mencakup lapisan guntingan produk dari beberapa Pin, memungkinkan konsumen menggali lebih dalam dan juga terhubung ke Shuffles lain yang menyertakan Pin yang sama," ungkap Pinterest dalam postingan blog.

"Saat kami melihat ke depan bagaimana perilaku konsumen berkembang, kami menguji cara mengintegrasikan konten kolase Shuffles ke Pinterest, dimulai dengan berbelanja," imbuhnya.

Shuffles melonjak menjadi aplikasi Gaya Hidup No. 1 di App Store Amerika Serikat (AS) pada Agustus tahun lalu saat hanya pengguna undangan yang bisa menggunakan aplikasi tersebut. Diklaim, hadirnya fitur belanja ke Shuffles sebagai strategi Pinterest untuk mempertahankan pengguna di aplikasi mandirinya itu.

Melansir TechCrunch, Senin, 27 Maret, Pinterest juga mengumumkan sedang menjajaki fitur pengambilalihan baru untuk pengiklan yang disebut Pinterest Premiere Spotlight.

Fitur tersebut akan menampilkan merek secara mencolok di pencarian. Perusahaan mengatakan fitur ini dirancang untuk memberi pengiklan cara baru untuk menjangkau pengguna di Pinterest.

Perusahaan mengungkapkan 97 persen pencarian teratas di Pinterest tidak bermerek, yang berarti pengguna biasanya tidak mengetikkan nama merek ke dalam pencarian mereka di platform.

Dengan menambahkan fitur itu, akan memberi merek kesempatan untuk ditemukan karena mereka membantu konsumen beralih dari penemuan ke keputusan untuk membeli.

Dalam beberapa bulan mendatang, perusahaan juga berencana menawarkan cara tambahan untuk membantu merek terhubung dengan pembeli.

Sebagai informasi, Pinterest sekarang memiliki 450 juta pengguna aktif bulanan secara global, melonjak 4 persen dari tahun ke tahun.

Di mana Pinterest telah berfokus pada peningkatan pengalaman berbelanja di platformnya selama beberapa tahun terakhir, dan mereka ingin membuat setiap pin dapat dibeli, termasuk video.

Shuffles, aplikasi khusus iOS ini sekarang tersedia di AS, Kanada, Inggris Raya, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru.