Ilmuwan Komputer Prediksi Kesadaran Manusia Bisa Diunggah ke Komputer Akhir Tahun Ini
Dr. Pratik Desai, prediksi karakter manusia bisa tampil di komputer berkat AI. (foto: twitter @akashmjn)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang ilmuwan komputer mendorong orang untuk merekam orang tua dan orang yang mereka dicintai karena ia memprediksi bahwa kesadaran manusia bisa diunggah ke komputer tahun ini.

Dr. Pratik Desai, yang telah mendirikan beberapa startup AI di Silicon Valley, mengatakan bahwa jika orang memiliki cukup rekaman video dan suara dari orang yang dicintainya, ada '100 persen peluang' kerabat mereka 'hidup bersama Anda selamanya.'

Desai, yang telah menciptakan sistem seperti ChatGPT-nya sendiri, menulis di Twitter: 'Ini bahkan harus mungkin pada akhir tahun.'

Banyak ilmuwan percaya bahwa kemajuan pesat dalam AI, yang dipimpin oleh ChatGPT, siap untuk membawa era emas baru bagi teknologi.

Namun, para ahli terbagi dalam teknologi ini - Elon Musk dan lebih dari 1.000 pemimpin teknologi lainnya meminta untuk menghentikan perkembangan teknologi AI, karena khawatir hal itu dapat menghancurkan umat manusia.

Di sisi lain, ahli lain seperti Bill Gates, percaya bahwa AI akan meningkatkan kehidupan kita. Sepertinya para ahli lain juga setuju bahwa teknologi AI akan membantu kita hidup selamanya.

Desai berada di sisi Gates, percaya bahwa kita dapat membuat ulang orang yang telah meninggal sebagai avatar yang hidup di dalam komputer.

Prosesnya akan melibatkan digitalisasi video, rekaman suara, dokumen, dan foto orang tersebut, kemudian dimasukkan ke dalam sistem AI yang mempelajari segala hal tentang individu tersebut.

Pengguna kemudian dapat merancang avatar tertentu yang terlihat dan bertindak seperti kerabat mereka yang masih hidup dulu. Kemajuan ChatGPT telah memajukan salah satu perusahaan yang bekerja pada manusia virtual.

Proyek yang disebut Live Forever menciptakan robot VR dari seseorang dengan ucapan dan tingkah laku yang sama dengan orang yang ditugaskan untuk direplikasi.

Artur Sychov, pendiri Live Forever, mengatakan kepada Motherboard pada 2022 bahwa ia memprediksi teknologi tersebut akan keluar dalam waktu lima tahun, tetapi karena kemajuan baru dalam AI, ia berharap itu hanya akan memakan waktu singkat.

'Kita dapat mengambil data ini dan menerapkan AI kepadanya dan menciptakanmu sebagai avatar di atas lahanmu atau di dalam dunia NFT-mu, dan orang-orang akan bisa datang dan berbicara denganmu,' kata Sychov kepada Motherboard, yang juga dikutip Daily Mail.

'Anda akan bertemu dengan orang itu. Dan mungkin selama 10 menit pertama saat berbicara dengan orang itu, Anda tidak akan tahu bahwa itu sebenarnya AI. Itu adalah tujuannya,' tambah Sychov.

Perusahaan AI lainnya, DeepBrain AI, telah membuat aula peringatan yang memungkinkan orang untuk bersatu kembali dengan orang yang telah meninggal mereka dalam pengalaman yang mendalam. Layanan yang disebut Rememory, menggunakan foto, video, dan wawancara tujuh jam orang tersebut ketika masih hidup.

Avatar virtual yang didukung oleh AI dirancang dengan teknologi pembelajaran yang dalam untuk menangkap penampilan dan suara individu, yang ditampilkan pada layar 400 inci.

Terkait