Pemerintah Suzhou Bayar Pegawai Negeri dengan Yuan Digital, Tak Peduli Banyak yang Tak Tahu Cara Menggunakannya
Ilustrasi kota Suzhou yang gunakan yuan digital. (foto: twitter @VisitSuzhou)

Bagikan:

JAKARTA - Saham-saham terkait mata uang digital China naik pada Senin 24 April, di tengah pasar yang sedang lesu, seiring dengan langkah-langkah terbaru yang diambil oleh China untuk mempromosikan penggunaan mata uang digital bank sentralnya sendiri, yuan digital.

Changshu, sebuah kota yang berada di bawah kota Suzhou di Provinsi Jiangsu bagian timur, akan membayar pegawai negeri dan karyawan sektor publik lainnya dengan gaji dalam yuan digital mulai bulan Mei. Ini pertama kali  dilaporkan oleh media negara Securities Times pada Minggu, 23 April.

"Perkembangan ini merupakan uji coba terbaru yang dilakukan oleh China untuk mempromosikan e-CNY-nya," kata Dan Wang, kepala ekonom di Hang Seng Bank China, merujuk pada yuan digital, dikutip Reuters.

China telah menjadi pemimpin di antara negara-negara yang mengembangkan CBDC - token digital yang dikeluarkan oleh bank sentral, meskipun adopsinya masih pada tahap awal.

Saham-saham di Global Infotech Co  melonjak 13% pada pertengahan hari, Chutian Dragon Co  naik 8%, sementara Newland Digital Technology Co  dan Northking Information Technology Co  juga mengalami kenaikan.

Di sisi lain, indeks acuan  turun 0,4% karena kekhawatiran yang masih menghantui pemulihan ekonomi China.

"Menggunakan e-CNY untuk membayar gaji akan membantu mempopulerkan mata uang digital," kata Wang Pengbo, analis keuangan senior di konsultan BoTong Analysys.

Seorang pegawai di sebuah sekolah di Changshu mengatakan bahwa dia telah menerima subsidi transportasi dalam e-CNY sejak bulan Oktober. Dua pegawai sektor publik lainnya di bagian lain Suzhou mengatakan bahwa mereka telah menerima e-CNY sebagai gaji sejak tahun lalu.

Namun, ketiga orang tersebut mengatakan bahwa mereka tidak menemukan skenario yang memadai untuk menghabiskan yuan digital dalam kehidupan sehari-hari mereka.

"Sekali saya menerima gaji dalam e-CNY, saya selalu segera menukarkannya menjadi yuan tradisional," kata Yang, seorang dokter yang bekerja di rumah sakit Suzhou.

"Saya tidak tahu cara menggunakannya, sejujurnya, tidak ada pedagang di sekitar saya yang menerima yuan digital," kata Yang kepada Reuters, yang hanya memberikan nama belakangnya karena tidak diizinkan untuk berbicara kepada media.