Sederet Kebiasaan yang Membuat HP Cepat Rusak, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan
Ilustrasi (foto: dok. istock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kebiasaan yang membuat HP cepat rusak perlu dihindari supaya peforma smartphone kesayangan Anda tetap optimal.

Salah satu kebiasaan yang membuat HP cepat rusak adalah mengisi daya sambil bermain game. Mengisi daya sambil bermain game akan membuat HP bekerja secara ekstra.

HP yang bekerja secara ekstra berpotensi mengalami overheating. Jika hal ini terjadi, beberapa komponen HP mungkin akan cepat rusak, khususnya baterai.

Selain mengisi daya sambil bermain game, berikut beberapa kebiasaan yang membuat HP cepat rusak, sebagaimana dirangkum VOI dari berbagai sumber, Jumat  Mei 2023. 

Kebiasaan yang Membuat HP Cepat Rusak

  1. Mengisi daya dengan charger yang tidak sesuai

Setiap HP mempunyai desain baterai dan sistem pengisian daya yang berbeda. Jika Anda tidak menggunakan charger yang sesuai, kemampuan baterai HP bisa cepat menurun.

Supaya hal ini tidak terjadi, gunakan charger orisinal atau charger yang mempunyai output tegangan sesuai kemampuan baterai.

  1. Meletakkan HP di bawah bantal

Banyak orang yang meletakkan HP-nya di bawah bantal saat tidur. Jika Anda termasuk orang yang sering melakukan kebiasaan ini, sebaiknya hindari mulai sekarang. Pasalnya, menaruh HP di bawah bantal dapat memicu panas dan membuat HP cepat rusak.

Sebagai gantinya, taruh perangkat tersebut di meja atau benda dengan permukaan keras lainnya.

  1. Tidak memperbarui sistem keasaman

Kebiasaan tidak memperbaharui sistem keamanan juga bisa membuat HP cepat rusak. Produsen smartphone biasanya rutin memberikan pembaruan sistem keamanan kepada penggunanya.

  1. Tidak menggunakan casing

Sebagian orang mungkin enggan menggunakan casing HP karena dapat membuat ponsel semakin tebal. Padahal hal tersebut dapat membuat HP cepat rusak.

Casing pada dasarnya dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra pada bodi HP, supaya tidak pecah jika terjatuh.

  1. Membiarkan daya baterai habis sampai nol persen

Seiring berjalannya waktu, baterai HP dapat mengalami penurunan. Yang bisa dilakukan untuk menghambat proses tersebut adalah dengan tidak menghabiskan daya baterai sampai nol persen. Jika daya baterai tinggal 30 persen, segera sambungkan charger agar peformanya tetap optimal.

Demikian informasi tentang kebiasaan yang membuat HP cepat rusak. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.