Cara Mengatasi Email Spam Secara Efektif
Ilustrasi email (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Email spam yang ada di kotak masuk tentu sangat mengganggu. Surat elektronik spam kadang membuat email penting jadi tertimbun. Lalu, adakah cara mengatasi email spam yang mengganggu?

Secara sederhana, email spam adalah surel yang masuk ke alamat email Anda tanpa ada hubungan secara langsung. Email spam biasanya berisi iklan, tawaran asuransi, promosi, atau hal lain. Email spam juga bisa berisi penipuan atau semacamnya.

Cara Mengatasi Email Spam Secara Efektif

Email spam sebenarnya tidak bisa dihilangkan sepenuhnya selama pengirim email spam masih Ada maka surel semacam itu akan terus muncul. Namun, Anda bisa membendung email spam dengan beberapa cara sebagai berikut.

  1. Buat Email Baru

Jika email lama Anda terlalu banyak mendapatkan email spam, berarti alamat email Anda telah masuk sebagai daftar penerima spam. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena kebocoran data pribadi sehingga diketahui oleh pihak lain. Untuk menghindari email spam yang sudah terlalu banyak, buatlah email baru.

  1. Hindari Membuka Email Spam

Saat Anda menerima email yang terindikasi spam, jangan pernah membuka atau membaca isi email tersebut. Pasalnya, pengirim akan mengetahui bahwa email Anda aktif sehingga kemungkinan pengirim spam akan mengirim lagi secara teratur di kemudian hari.

  1. Hindari Membalas Email dari Orang Tak Dikenal

Terkadang muncul email dari pengirim yang tak dikenal. Saat hal tersebut terjadi, usahakan untuk tidak membalas atau merespon email tersebut dalam bentuk apapun. Anda bisa segera menandai sebagai spam atau menghapus email dari orang tak dikenal.

  1. Tandai Surel Masuk sebagai Spam

Sesaat setelah Anda menerima email spam, segera tandai sebagai spam. Langkah ini dilakukan agar sistem email mendeteksi pesan dan pengirim sebagai “pihak yang tak diundag”. Saat muncul pesan dari alamat yang sama, mereka otomatis akan masuk ke kotak masuk spam sehingga tidak begitu mengganggu.

  1. Manfaatkan Software Anti Spam E-mail

Saat ini sudah banyak software atau aplikasi yang membantu mengurangi atau membendung email spam. Dengan bantuan software ini, pemilik akun tak perlu repot menandai pesan masuk sebagai spam di kotak masuk. Penandaan sendiri dilakukan secara otomatis. Anda bisa menggunakan software spam email baik gratis maupun berbayar.

  1. Hindari Mempublikasikan Alamat Email

Mempublikasikan alamat email terkadang dibutuhkan untuk kepentingan tertentu seperti bisnis. Namun, risikonya Anda akan mendapatkan email spam yang tak diinginkan. Mempublikasikan email bisa dilakan dengan email khusus sehingga keberadaan spam tidak begitu mengganggu. Pisahkan email bisnis yang harus terkespose dengan email pribadi.

  1. Aktifkan Fitur Anti Spam

Google sendiri memiliki fitur anti spam yang bisa Anda aktifkan. Fitur ini bisa langsung diaktifkan meski Anda barus saja membuat email baru.

Itulah beberapa cara mengatasi email spam secara efektif. Anda bisa mengunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.