AI Gambarkan Pemukiman Manusia di Luar Angkasa: Masa Depan Koloni Antariksa yang Menakjubkan
Ilustrasi AI pemukiman di Planet Mars. (foto: dailymail.com)

Bagikan:

JAKARTA - Dari film-film fiksi ilmiah seperti Interstellar hingga The Martian, eksplorasi luar angkasa oleh manusia selalu menjadi elemen penting dalam film-film tersebut. Namun, seperti apa sebenarnya koloni manusia di luar angkasa di dunia nyata?

Para ahli luar angkasa mengklaim bahwa eksplorasi manusia di luar angkasa akan dimulai dengan 'teknaut' yang membangun 'gerbang' dekat Bumi.

Menurut mereka, gerbang ini akan membantu sejumlah kecil penjelajah manusia membangun pemukiman di bulan dan kemudian di Mars.

Untuk membayangkan seperti apa bentuk pemukiman di luar angkasa tersebut, DailyMail.com menggunakan generator seni AI populer bernama Midjourney untuk menciptakan gambar-gambar koloni luar angkasa dan wahana antariksa berdasarkan prediksi ini.

Gerbang di Dekat Bumi

"Eksplorasi manusia akan bergantung pada 'gerbang' dan 'pelabuhan' otonom di luar angkasa yang akan mengantar penjelajah manusia ke Mars dan tempat-tempat lain," kata David Barnhart, CEO dan pendiri perusahaan luar angkasa Arkisys.

"Masa depan eksplorasi manusia akan bergantung pada seberapa baik kita dapat membangun infrastruktur yang diperlukan, seperti rantai pasokan, perumahan, dan toko makanan," kata Barnhart, dalam wawancara dengan DailyMail.com.

Menurut Barnhart, seperti halnya di Bumi, luar angkasa akan dijelajahi oleh para pionir, yang akan membangun infrastruktur yang diperlukan agar lebih banyak orang bisa mengikutinya.

Gerbang luar angkasa. (foto: dailymail.com)

"Eksplorasi di Bumi terjadi dalam beberapa dekade, tetapi hampir selalu dimulai oleh para pionir dan kemudian diikuti dengan pembangunan benteng, kota, desa, dan sebagainya yang dapat menerima barang/jasa yang diperlukan untuk pertumbuhan, dan dengan demikian memungkinkan lebih banyak manusia untuk diangkut," ungkapnya. 

Arkisys bertujuan untuk membangun 'The Port' - mercusuar dan penghadang yang mengorbit dan melayani para pelancong dan wahana antariksa di orbit Bumi, bulan, Mars, dan tempat-tempat lain.

Stasiun Antariksa Mengorbit Bulan

"Konsep awal NASA untuk pemukiman berkelanjutan di Bulan adalah pendirian "Gateway", yang bertujuan untuk membantu transfer bahan bakar dan personel dari/ke permukaan, tetapi juga berfungsi sebagai stasiun perhentian untuk kemungkinan transportasi ke Mars," kata Barnhart.

"Saat ini terdapat dorongan baik dari pemerintah maupun swasta untuk mengembangkan berbagai tingkat infrastruktur, mulai dari stasiun antariksa atau pemukiman penuh skala, hingga "Ports" otonom yang dapat ditingkatkan," jelasnya.

Barnhart menunjukkan bahwa Morgan Stanley telah memprediksi bahwa sektor luar angkasa bisa bernilai hingga 1,1 triliun dolar (Rp16.358 triliun) pada tahun 2040.

Penambangan Asteroid

Penambangan asteroid merupakan salah satu industri yang berpotensi menguntungkan, dengan Neil Degrasse Tyson mengusulkan bahwa triliuner pertama akan menjadi raja penambangan asteroid.

Penambangan asteroid. (foto: dailymail.com)

Asterank mengukur potensi nilai lebih dari 6.000 asteroid yang dipantau oleh NASA dan menyatakan bahwa penambangan hanya 10 asteroid yang dipilih karena kedekatannya dengan Bumi bisa menghasilkan keuntungan sebesar 1,5 triliun dolar (23 quadraliun)

Salah satu asteroid, 16 Psyche, diperkirakan memiliki emas senilai 700 kuadriliun dolar.

Basis Lunar Berawak

"Basis-basis di Bulan dan stasiun luar angkasa di dekat Bumi akan dihuni oleh 'teknaut' yang membangun infrastruktur pertama di luar angkasa," kata mantan konsultan NASA Philip Robert Harris.

Dalam bukunya berjudul "Space Enterprise: Living and Working Offworld in the 21st Century," ia menulis: "Pembangunan stasiun luar angkasa dan basis di Bulan akan menjadi dasar infrastruktur luar angkasa untuk lima puluh tahun mendatang, yang akan mengarah pada pemukiman luar angkasa lebih lanjut, misi berawak ke Mars, penambangan asteroid, dan akhirnya pendirian koloni manusia yang mengorbit di luar angkasa atau di planet lain."

"Mulai dari sekelompok astronot dan kosmonot, yang kemudian diperluas dengan pekerja konstruksi luar angkasa atau teknaut, populasi manusia di sana kemungkinan akan meningkat menjadi ribuan orang luar angkasa selama milenium ini," jelasnya.

Dalam buku tersebut, mantan ahli NASA David G. Schrunk menambahkan: "Bulan adalah tempat yang logis untuk mendirikan pemukiman manusia di luar angkasa yang pertama. Bulan menawarkan perlindungan dari bahaya luar angkasa, memiliki sumber daya energi (cahaya matahari) dan material yang dapat digunakan untuk mendukung aktivitas manusia, dan menjadi platform yang sangat baik untuk penelitian ilmiah, terutama astronomi."

Kapal Antariksa menuju Mars

Elon Musk telah membuat berbagai prediksi tentang perjalanan ke Mars, dengan saran tahun lalu bahwa perjalanan manusia ke planet merah mungkin dimungkinkan pada tahun 2029.

Musk berharap dapat menggunakan roket Starship yang dapat digunakan ulang untuk menurunkan biaya, dengan sebuah armada Starship "melayani" perjalanan antar planet.

Pesawat ke Mars (foto: dailymail.com)

Pendukung perjalanan ke Mars seperti Robert Zubrin mengusulkan bahwa 'mengemas barang secukupnya' dapat menjaga biaya eksplorasi Mars tetap minimal, dan eksplorasi Mars dapat membuka peluang penambangan serta terobosan teknologi baru.

"Untuk kehidupan menjadi multiplanet, kita mungkin akan membutuhkan sekitar 1.000 kapal, atau sesuatu seperti itu," ungkap Musk, suatu ketika.

Basis Permanen di Mars

Musk percaya bahwa menjadi peradaban yang menjelajah luar angkasa akan membantu umat manusia menghindari "filter" di mana ada bahaya kepunahan akibat peristiwa seperti perang nuklir.

"Jika kita mampu menjadikan kehidupan dapat berkelanjutan di Mars, kita akan melewati salah satu filter terbesar. Hal ini akan membuka jalan bagi kita untuk menjadi antar-bintang," jelasnya.

Stasiun mengorbit Mas. (foto: dailymail.com)

"Bumi berusia sekitar 4,5 miliar tahun, tetapi kehidupan masih belum menjadi multiplanet dan sangat tidak pasti berapa lama waktu yang tersisa untuk mencapai hal tersebut. Jangka panjang, hal ini sangat penting untuk mempertahankan cahaya kesadaran. Pada akhirnya, sesuatu akan terjadi pada Bumi, semoga tidak segera, entah itu bencana alam atau buatan manusia, yang dapat menyebabkan berakhirnya peradaban. Harapan keberlanjutan peradaban jauh lebih besar jika kita menjadi spesies multiplanet," tutur Musk.

Orbiter Hi-Tech yang Dirancang oleh Kecerdasan Buatan

"Habitat luar angkasa di masa depan akan dibangun menggunakan bahan-bahan hi-tech dengan menggunakan robotika dan kecerdasan buatan," kata Vivek Koncherry, CEO Graphene Space Habitat Limited yang berbasis di Graphene Engineering Innovation Centre di University of Manchester.

Tim Koncherry telah menghasilkan model skala 3D habitat luar angkasa, dan berharap dapat membangun unit manufaktur untuk menciptakan habitat luar angkasa. Habitat luar angkasa tersebut akan menggunakan komposit yang diperkaya dengan graphene.

"Graphene adalah solusi yang fantastis karena lebih ringan daripada logam yang sebelumnya digunakan dalam habitat luar angkasa, dan merupakan penghantar panas yang sangat baik, sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan panas dalam kondisi terpanas," kata Koncherry kepada DailyMail.com.

"Kami tahu bahwa struktur kami tidak akan sempurna setiap saat, tetapi kita dapat membuat perkiraan berdasarkan pengetahuan, membuat prototipe kecil, dan mengirimkannya ke luar angkasa dengan sensor," tambahnya.

"Saya tidak mengatakan semuanya akan berfungsi dengan sempurna sejak awal - beberapa komponen bisa dan akan mengalami kegagalan. Tetapi jika Anda menginginkan penelitian yang cepat, satu-satunya cara adalah dengan membuat sesuatu dengan cepat, mengujinya, mendapatkan data, dan belajar dari pengalaman tersebut," pungkasnya.