Fungsi Fitur Bisukan Nomor Tak Dikenal di WA, Keamanan Maksimal Cegah Penipuan dan Spam
Ilustrasi WhatsApp (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam aplikasi WhatsApp (WA) kini tersedia fitur baru untuk membisukan telepon dari nomor tidak dikenal. Fitur ini dihadirkan untuk meningkatkan keamanan privasi pengguna WA dan mencegah penipuan. Bagaimana cara bisukan nomor tak dikenal di WA?

"Anda sekarang dapat secara otomatis membungkam panggilan masuk dari kontak yang tidak dikenal di WhatsApp untuk privasi dan kontrol yang lebih baik," ucap Mark Zuckerberg, CEO Meta, pada Selasa (20/6), dilansir dari TechCrunch.

Mengingat semakin marak dan beragamnya modus penipuan online, keamanan penggunaan aplikasi perlu dijaga seketat mungkin. Dengan adanya fitur silence unknown callers di WA, maka pengguna dapat memakai WA secara lebih tenang dan terhindar dari jebakan penipuan maupun spam. Cara bisukan nomor tak dikenal di WA juga cukup mudah. 

Fungsi Fitur Bisukan Nomor Tak Dikenal di WA

WhatsApp meluncurkan fitur silence unknown callers setelah adanya laporan meningkatnya panggilan spam yang mengganggu pengguna aplikasi perpesanan ini. Fitur bisukan nomor telepon tak dikenal ini disediakan sebagai upaya WhatsApp memberikan kenyamanan dan melindungi keamanan penggunanya. 

Ketika pengguna mengaktifkan fitur silence unknown callers, panggilan dari nomor asing atau nomor yang tidak disimpan di kontak tidak akan membuat WA penggunanya berdering. Notifikasi untuk menjawab dan menolak panggilan juga tidak akan muncul. Berbeda dari sistem WA sebelumnya, di mana setiap panggilan dari nomor tidak dikenal akan tetap masuk dan berdering. 

Meski fitur silence unknown callers diaktifkan, riwayat panggilan dari nomor tak dikenal tetap ditampilkan di tab bagian ‘Calls’ dalam aplikasi WA. Jadi pengguna tetap bisa mengecek apakah nomor tersebut dari orang yang dikenal atau nomor penting tapi belum disimpan di kontak WA. 

Cara Bisukan Nomor Tak Dikenal di WA

Fitur silence unknown callers bisa diaktifkan dengan mudah. Berikut tips atau cara mengaktifkan fitur bisukan nomor tak dikenal di WA. 

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponse Anda
  • Silakan pilih menu "Settings" 
  • Klik "Privacy" 
  • Kemudian pilih "Calls" 
  • Anda tinggal menggeser toggle ke kanan untuk mengaktifkan fiturnya

Secara terpisah, WhatsApp juga menyediakan fitur pemeriksaan privasi baru. Fitur ini akan muncul di bagian Privasi. Fitur pemeriksaan tersebut akan mengarahkan pengguna melalui beberapa langkah untuk mengetahui berbagai kontrol privasi. 

Misalnya, "Pilih siapa yang dapat menghubungi Anda", "Kontrol informasi pribadi Anda", "Tambahkan lebih banyak privasi pada obrolan Anda", dan "Tambahkan lebih banyak perlindungan pada akun Anda."

Pengguna dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk mengubah pengaturan, seperti autentikasi dua faktor, mengatur timer default untuk menghilangkan pesan sesuai masa waktu yang dipilih, menentukan siapa yang bisa menambahkan mereka ke grup, dan mengontrol siapa saja yang bisa melihat foto profil mereka. 

Demikianlah cara bisukan nomor telepon tak dikenal. Untuk mencegah panggilan spam dan penipuan, Anda bisa mengaktifkan fitur silence unknown callers. Pengguna WA perlu memanfaatkan fitur ini untuk menjaga keamanan mereka dan supaya bisa memakai WA dengan nyaman. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.