Microsoft Hadirkan Fitur Audio Spasial untuk Aplikasi Teams di Windows dan macOS
Microsoft akhirnya meluncurkan audio spasial secara luas untuk aplikasi desktop Teams (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah diuji coba berbulan-bulan, Microsoft akhirnya meluncurkan audio spasial secara luas untuk aplikasi desktop Teams di Windows dan macOS.

Audio spasial dapat meniru percakapan langsung dengan memisahkan suara peserta rapat secara spasial, menghasilkan pengalaman mendengarkan yang lebih alami.

Fitur tersebut dikatakan perusahaan, bisa menciptakan pengalaman audio dan video yang realistis dan menarik yang mensimulasikan skenario dunia nyata yang dinamis.

Menurut Microsoft, sebagian besar aplikasi komunikasi audio dan video saat ini menyediakan audio monoponik di mana sinyal ucapan dari peserta yang berbeda ditransmisikan dalam satu saluran audio, sehingga menghilangkan konteks spasial.

"Di Teams audio spasial menyelaraskan lokasi audio yang dirasakan dari setiap peserta dengan representasi video mereka untuk memudahkan pengguna melacak siapa yang sedang berbicara," ujar Microsoft dalam pengumumannya, dikutip Rabu, 2 Agustus.

"Pengguna bisa lebih memahami saat beberapa pembicara berbicara pada waktu yang sama, dan mengurangi kelelahan rapat dan beban kognitif," imbuhnya.

Untuk menggunakan audio spasial di Microsoft Teams, buka Pengaturan kemudian pilih perangkat dan klik sakelar untuk aktifkan fitur tersebut. Pengguna dapat mengaktifkan mode musik sambil menerima audio spasial.

Perlu dicatat, fitur ini memerlukan perangkat berkemampuan stereo seperti headset berkabel atau laptop berkemampuan stereo, tidak dengan perangkat Bluetooth tanpa LE Audio standar baru.

"Meskipun kami tidak dapat menjamin ini akan mengubah rapat Anda berikutnya menjadi acara mewah dengan minuman mewah dan obrolan ringan yang menarik, menurut kami Anda akan menemukan audio spasial terasa lebih alami dan menarik," kata Microsoft.