Perusahaan Internet Raksasa  China Pesan Chip Nvidia Senilai Rp75 Triliun untuk Kecerdasan Buatan
Teknologi Nvidia tengah disasar perusahaan internet raksasa China. (foto: dok. nvidia)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahan raksasa internet di China sedang berlomba-lomba untuk mengakuisisi chip Nvidia yang berkualitas tinggi  yang sangat penting untuk membangun sistem kecerdasan buatan generatif. Total pesanan mereka  mencapai nilai 5 miliar dolar AS (Rp75,5 triliun), seperti dilaporkan oleh Financial Times pada Rabu, 9 Agustus.

Baidu, pemilik TikTok ByteDance, Tencent, dan Alibaba telah memesan chip senilai 1 miliar dolar AS (Rp15 triliun) untuk mengakuisisi sekitar 100,000 prosesor A800 dari perusahaan chip Amerika Serikat tersebut, yang diharapkan akan dikirimkan tahun ini. Demikian laporan FT yang mengutip beberapa orang yang akrab dengan masalah ini.

Kelompok-kelompok di China juga telah membeli GPU senilai 4 miliar dolar AS (Rp60 triliun) tambahan yang diharapkan akan dikirimkan pada tahun 2024, menurut laporan tersebut.

Seorang juru bicara Nvidia tidak merinci tentang laporan ini namun mengatakan bahwa "perusahaan internet konsumen dan penyedia layanan awan menginvestasikan miliaran dolar dalam komponen pusat data setiap tahunnya, sering kali menempatkan pesanan berbulan-bulan sebelumnya."

Pada bulan Oktober tahun lalu, pemerintahan Presiden Joe Biden mengeluarkan serangkaian aturan luas yang dirancang untuk membekukan industri semikonduktor China sementara AS mengalirkan miliaran dolar subsidi ke industri chipnya sendiri.

Nvidia menawarkan prosesor A800 di China untuk memenuhi peraturan kontrol ekspor setelah pejabat AS meminta perusahaan tersebut untuk menghentikan ekspor dua chip komputasi utamanya ke negara tersebut untuk pekerjaan terkait kecerdasan buatan.

Laporan FT ini muncul ketika Presiden Biden pada Rabu lalu menandatangani perintah eksekutif yang akan sempit melarang beberapa investasi AS dalam teknologi sensitif di China dan mengharuskan pemberitahuan pemerintah tentang pendanaan di sektor teknologi lainnya.

Kepala keuangan Nvidia mengatakan pada bulan Juni bahwa pembatasan ekspor chip kecerdasan buatan ke China "akan mengakibatkan hilangnya peluang permanen bagi industri AS," meskipun perusahaan tersebut tidak mengharapkan dampak material yang langsung.

Baidu, ByteDance, Tencent, dan Alibaba tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk komentar. 

Terkait