Menungggu Kapan iPhone 15 Rilis? Hadir dengan Spesifikasi Lebih Gahar
Ilustrasi iPhone (foto: dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Peluncuran series terbaru iPhone selalu dinanti-nantikan oleh para pecinta produk Apple. Banyak yang bertanya-tanya kapan iPhone 15 rilis dan dipasarkan. Dikabarkan iPhone keluaran terbaru itu bakal diluncurkan tahun ini dan kemungkinan dalam waktu dekat. 

Kabar bakal rilisnya iPhone 15 series muncul dari Mark Gunman, seorang reporter Bloomberg yang kerap membocorkan produk terbaru Apple. Lantas kapan tanggal rilis iPhone 15 series?

Kapan iPhone 15 Rilis?

Rumornya, iPhone 15 series kemungkinan akan dirilis pada Selasa 12 atau Rabu 13 September 2023. Bocoran tanggal peluncuran iPhone terbaru ini dibeberkan oleh outlet media 9to5Mac.

Sumber yang dekat dengan rumor tersebut menyampaikan kepada 9to5Mac bahwa operator seluler telah meminta kepada para karyawan untuk tidak mengambil cuti pada tanggal 13 September karena akan ada even akbar pengumuman smartphone.

Apple selama ini punya tradisi pengumuman ponsel iPhone generasi terbaru di bulan September pada setiap tahunnya. Jika dilihat dari acara “Apple Event” tahun lalu, kegiatan peluncuran iPhone 14 series diselenggarakan pada minggu kedua bulan September, yakni pada 7 September 2022.

Dilansir dari MacRumors, masa pre-order untuk iPhone keluaran terbaru ini bakal dibuka pada 15 September dan pengiriman dilakukan pada 22 September, dilihat dari pola pengaturan waktu rilis Apple seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Spesifikasi iPhone 15 Series

Semua varian iPhone 15 dikabarkan bakal didukung dengan sejumlah teknologi dan fitur canggih yang akan memuaskan penggunanya. Produk iPhone terbaru disebut akan mengadopsi Dynamic Island (poni yang bisa bergerak). Pada ponsel generasi sebelumnya, teknologi tersebut hanya dihadirkan secara eksklusif pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Selain itu, bezel di ponsel ini juga akan dirancang lebih slim atau tipis dan berdesain curved frame. 

Berdasarkan rumor dari ShrimpApplePro, varian “Plus” tetap akan diproduksi dan varian “Pro Max” bakal mengadopsi nama ‘Ultra’. Dalam iPhone generasi terbaru ini, Apple dikabarkan tetap mempertahankan varian, mulai dari iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Di samping itu, dalam upgrade iPhone terbaru ini dikabarkan juga akan hadir sebagai iPhone pertama yang memakai colokan type-C untuk pengisian daya dan transfer data. Keputusan ini terpaksa dilakukan oleh Apple untuk mengikuti aturan dari Uni Eropa agar menyamakan colokan bagi semua produk mobile per 2024. 

Dari segi performa, iPhone 15 bakal ditenagai dengan chipset terbaru Apple yaitu A17 Bionic. Dengan didukung chipset berfabrikasi 3 nm ini, maka performa ponsel akan lebih meningkat dan efisiensi daya pada perangkatnya. Dari segi bodi, iPhone 15 Pro Max dikabarkan tidak akan memakai bingkai berbahan baja nirkarat, namun  menggunakan material titanium. 

Bocoran lain menyebutkan bahwa iPhone 15 Pro Max bakal dibekali dengan fitur baru lainnya. Salah satunya adalah lensa periskop yang mendukung zoom optik hingga 6x. Di samping itu, iPhone 15 Pro dikabarkan memiliki zoom optik yang hanya sampai pada 3x saja seperti pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Sementara dari segi harganya, analis pasar memprediksi bahwa harga iPhone keluaran terbaru berpotensi naik hingga 200 dollar AS (hampir Rp3 juta. Terutama pada duo model teratas, yaitu iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Demikianlah kabar kapan iPhone 15 rilis yang telah ditunggu-tunggu oleh para fanboy. Tak hanya menghadirkan seri iPhone 15, dikabarkan bahwa acara pada September nanti juga akan merilis produk Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 versi terbaru. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.