Rekomendasi 4 Tools AI untuk Cek Grammar Bahasa Inggris
Ilustrasi cek grammar (Foto: Pixabay/PDPics)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tools AI untuk cek grammar Bahasa Inggris dapat Anda gunakan untuk menyempurnakan tata bahasa pada artikel, karya tulis, hingga caption yang ditulis dalam Bahasa Inggris.

Saat ini, ada banyak tools cek grammar berbasis Artificial Intelligence (AI/kecerdasan buatan) yang dapat Anda gunakan untuk menyempurnakan struktur kata artikel dalam Bahasa Inggris. Apa saja tools tersebut? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tools AI untuk Cek Grammar Bahasa Inggris

  1. Microsoft Editor

Rekomendasi tools AI uncuk cek grammar Bahasa Inggris yang pertama adalah Microsoft Editor. Tolols ini bisa Anda gunakan untuk mengecek grammar tugas sekolah, kampus, maupun pekerjaan.

Tools cek grammar ini dapat dipasang di perangkat desktop macOS dan Windows, atau sebagai ekstensi browser gratis untuk Chrome dan Edge.

Apabila Anda menggunakan akun Microsoft gratis, Anda bisa memakai fitur dasar seperti pemeriksaan ejaan dan tata bahasa. Akan tetapi, jika Anda ingin menggunakan fitur premium, Anda perlu berlangganan Microsoft 365.

Lewat Microsoft Editor, Anda dapat menyesuaikan gaya penulisan Anda dengan memeriksa tata bahasa dan melakukan penyempurnaan.

Contohnya, Anda bisa memeriksa hal-hal seperti kalimat pasif, penempatan kata keterangan, dan urutan kata sifat, atau membuat tulisan Anda lebih formal atau singkat.

Microsoft Editor versi gratis menawarkan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dasar. Apabila Anda ingin menggunakan fitur premium, Anda bisa berlangganan Microsoft 365, yang harganya mulai dari 6.99 dolar AS atau berkisar Rp 99.000 per bulan.

  1. Grammarly

Tools AI untuk cek grammar Bahasa Inggris yang berikutnya adalah Grammarly. Tools yang satu ini tak hanya menyediakan koreksi tata bahasa dalam Bahasa Inggris, namun juga fitur parafrase, proofreading, hingga pengecekan plagiarisme.

Selain itu, Tools AI untuk cek grammar ini sudah terintegrasi dengan berbagai platform. Mulai dari Microsoft Office, ekstensi browser, hingga Google Document.

Pengguna dapat menggunakan Grammarly secara gratis atau berlangganan premium dengan biaya mulai dari 12 dolar AS atau sekitar Rp180.000.

  1. LanguageTool

Sama dengan dua tools AI untuk cek grammar di atas, LanguageTool juga bisa memudahkan Anda untuk menyempurnakan tata bahasa dari artikel yang ditulis dalam Bahasa Inggris.

Anda bisa menggunakan LanguageTool dengan cara menyalin teks atau mengunggah dokumen Word kee editor online untuk memeriksa dan memperbaiki stuktur kalimat dalam Bahasa Inggris.

LanguageTool tersedia untuk macOS, Windows, ekstensi browser, dan plugin Gdocs, dan lainnya.

LanguageTool dapat digunakan secara gratis. Selain itu, penguna juga bisa berlangganan individu dengan harga 24.99 dolar AS atau setara dengan Rp370.000.

  1. ProWritingAid

Tools AI untuk cek grammar yang satu ini sangat mirip dengan Grammarly, akan tetapi dengan tampilan antarmuka yang lebih lengkap.

ProWritingAid menyediakan banyak laporan dan skor di sisi halaman. ProWritingAid juga memiliki aplikasi desktop untuk Windows dan Mac, ekstensi browser, serta ekstensi untuk Microsoft Word daan Google Docs.

ProWritingAid mempunyai versi gratis yang dibatasi hingga 500 kata dan 10 frasa ulang per hari.

Demikian informasi tentang tools AI untuk cek grammar Bahasa Inggris. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.