Waspada, Akses Wi-Fi yang Bocor Jadi Lahan Hijau Bagi Peretas, Kok Bisa?
Bahaya akses Wi-Fi bocor (foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Saat memutuskan untuk membuang atau menjual komputer atau ponsel lama, Anda mungkin ingat untuk menghapus foto, pesan, dan barang pribadi lainnya. Namun, ada jenis data pribadi lainnya yang juga perlu dihapus, yakni jaringan Wi-Fi. 

Menurut Kaspersky, sangat penting bagi Anda untuk memastikan jaringan Wi-Fi sudah terputus terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk membuang atau menjual perangkat.

Bahaya akses Wi-Fi yang bocor

Kaspersky mengatakan bahwa mengakses jaringan Wi-Fi orang lain, seperti menggunakan koneksi tetangga contohnya, akan memudahkan orang lain untuk mencuri foto dan dokumen dari perangkat jaringan lainnya.

"Lebih buruk lagi adalah ketika jaringan Wi-Fi disusupi untuk aktivitas ilegal, seperti spamming atau serangan DDoS," ujar Kaspersky dalam pernyataannya. 

Memanfaatkan jaringan Wi-Fi yang ditemukan sekali saja, penyerang dapat meretas perangkat di dalamnya (router itu sendiri, penyimpanan yang terpasang di jaringan rumah (NAS), kamera pengintai video, atau perangkat lain yang mudah diretas) — lalu menggunakannya sebagai server proxy, tanpa bantuan lebih lanjut ke "layanan" Wi-Fi. 

Jika sudah terjadi, tentu saja, pemilik perangkat yang diretaslah yang akan menanggung bebannya, seperti internet mereka lebih lambat, alamat IP mereka masuk ke berbagai daftar penolakan, dan, dalam kasus yang jarang terjadi, mereka mungkin diblokir oleh ISP atau bahkan mendapat kunjungan polisi.

Tidak hanya di ponsel, printer, kamera, dan perangkat lain di jaringan kantor, pengaturan Wi-Fi mereka juga dapat digunakan peretas untuk menyerang perusahaan yang bersangkutan. 

"Dengan terhubung ke jaringan Wi-Fi, penyerang dapat dengan mudah melakukan pencurian data dan/atau serangan ransomware," tambah perusahaan keamanan siber itu.