Cara Tarik Tunai dengan QRIS di ATM maupun Merchant Khusus
Ilustrasi fitur baru QRIS (foto: dok. Bank Indonesia)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengguna Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kini bisa melakukan tarik tunai. Fitur baru QRIS yang diluncurkan oleh Bank Indonesia sangat aman untuk dilakukan. Sebelum menikmati fitur tersebut, pengguna disarankan tahu cara tarik tunai dengan QRIS.

Cara Tarik Tunai dengan QRIS

Perlu diketahui, penarikan uang tunai lewat QRIS secara umum dilakukan dengan memindai kode QRIS di mesin ATM atau bisa pula di merchant QRIS yang jadi mitra tarik tunai. Fitur ini memudahkan masyarakat untuk tarik tunai lewat mesin ATM tanpa harus pengguna memiliki rekening bank.

Adapun cara tarik uang tunai menggunakan QRIS adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi mesin ATM atau bisa mencari merchant QRIS khusus mitra tarik tunai
  2. Setelah itu scan kode QRIS yang ada di mesin ATM maupun merchant
  3. Setelah itu pilih sumber dana
  4. Pengguna harus memastikan jumlah dana yang akan ditarik sudah sesuai
  5. Setelah itu ketik pin di merchant atau agen QRIS
  6. Saldo yang telah dikirim ke merchant dan diserahkan ke pengguna dalam bentuk uang tunai.

Perlu diketahui bahwa tarik tunai menggunakan QRIS dikenakan tarif sebagaimana kesepakatan dengan PJP. Adapun tarif yang dinekan adalah 6.500 per transaksi, baik transaksi On us atau transaksi tunai lewat mesin EDC) intra Penyedia Jasa Pembayaran (PJB) lewat agen dan transaksi OFF us atau transaksi non tunai lewat mesin EDC antar PJB.

Akan tetapi transaksi On Us dengan PJB yang dilakukan lewat mesin ATM tidak dikenai biaya alias gratis.

Seperti diketahui, fitur tarik tunai menggunakan QRIS diluncurkan oleh BI sebagai salah satu hadiah HUT RI ke-78. Selain tarik tunai, pengguna juga bisa melakukan transfer hingga setor tunai atau QRIS Tuntas. Program ini akan berlaku efektif paling cepat tanggal 1 September 2023 dan paling lama pada 30 November 2023.

Selain tarik tunai, pangguna bisa melakukan transfer lewat QRIS dengan cara scan kode QRIS yang telah di-generate oleh penerima dana. Setelah itu pilih sumber dana. Pastikan juga jumlah dana yang akan dipindahkan, lalu ketik pin. Jika transaksi berhasil pengguna akan menerima notifikasi.

Pengguna juga bisa melakukan setor tunai menggunakan QRIS dengan cara mendatangi mesin ATM atau merchant QRIS khusus menerima menerima layanan setor tunai. Setelah itu informasikan nominal yang disetor, lanjutkan dengan dengan memasukkan uang cash ke mesin ATM, atau serahkan yang pada merchant.

Pengguna kemudian diminta memindai QR code yang tampil di mesin ATM atau agen. Jika transaksi berhasil maka pengguna akan menerima notifikasi.

Dengan adanya fitur QRIS Tuntas, pengguna bisa melakukan tarik tunai secara mudah meski sedang berada di wilayah dengan ketersediaan ATM yang terbatas. Selain itu pengguna bisa mengirimkan uang kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank. Seluruh transaksi yang dilakukan lewat QRIS juga dijamin aman oleh Bank Indonesia sebagai penyedia layanan sehingga masyarakat tak perlu khawatir memanfaatkan fitur tersebut.

Itulah informasi terkait cara tarik tunai dengan QRIS. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Terkait