Perbandingan Biaya Listrik untuk Pertambangan Bitcoin,  Italia Termahal, Lebanon Termurah
Tambang Bitcoin di Lebanon biaya listriknya paling murah. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah perbedaan signifikan terdapat dalam biaya listrik rumah tangga untuk penambang Bitcoin individual di seluruh dunia. Sementara biaya untuk menghasilkan satu Bitcoin di Italia mencapai 208,560 dolar AS (Rp4 miliar), di Lebanon biayanya sekitar 783 kali lebih murah.

Diterbitkan pada 17 Agustus, laporan dari CoinGecko mengungkapkan bahwa hanya 65 negara yang menguntungkan bagi penambang Bitcoin individual, berdasarkan biaya listrik rumah tangga saja. Dari jumlah tersebut, 34 negara berada di Asia, sedangkan Eropa hanya memiliki lima negara.

Namun, penambang Bitcoin individual menemukan diri mereka berada pada kontras dengan rata-rata biaya listrik rumah tangga di seluruh dunia:

"Rata-rata biaya listrik rumah tangga untuk menambang 1 Bitcoin adalah 46,291.24 (Rp906 juta), yang 35% lebih tinggi dari harga rata-rata harian 1 BTC pada Juli 2023 sebesar 30,090.08 dolar AS (Rp588,9 juta)."

Laporan tersebut mengidentifikasi Italia sebagai negara dengan biaya penambangan Bitcoin rumah tangga termahal, yaitu 208,560 dolar AS per Bitcoin. Pada saat penerbitan laporan ini, ini menunjukkan bahwa biaya penambangan satu Bitcoin di Italia setara dengan nilai sekitar delapan Bitcoin.

Kemudian, Austria berada di posisi kedua dengan biaya 184,352 dolar AS (Rp3,6 miliar) dan Belgia dengan biaya 172,382 dolar AS (Rp3,3 miliar).

Sementara itu, tarif listrik rumah tangga di Lebanon memungkinkan penambang individual menghasilkan satu Bitcoin hanya dengan biaya 266 dolar AS (Rp7,1 juta). Berdasarkan data ini, biayanya sekitar 783 kali lebih murah daripada biaya penambangan Bitcoin di Italia.

Diikuti oleh Iran, dengan biaya produksi 532 dolar AS (Rp10 juta) per Bitcoin. Namun, meskipun Iran melegalkan penambangan Bitcoin pada tahun 2019, negara tersebut sejak itu beberapa kali melarang operasi legal, dengan mengutip beban pada jaringan energi selama musim dingin.

Pada 4 Januari, Cointelegraph melaporkan bahwa sekitar 150,000 peralatan penambangan kripto disita oleh Organisasi Iran untuk Koleksi dan Penjualan Properti Milik Negara.

Pada 19 Agustus, CEO Binance, Changpeng "CZ" Zhao, memposting tangkapan layar data laporan ini di platform X (sebelumnya Twitter), mempertanyakan kepada 8,6 juta pengikutnya mengapa individu di negara-negara dengan biaya listrik rendah ini tidak menambang Bitcoin.

Namun, CZ tetap skeptis dan percaya bahwa ada faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Namun, dia mengusulkan agar layak untuk lebih jauh dijelajahi.

"Laporan ini mungkin tidak mempertimbangkan kelayakan dan logistik lainnya. Tetapi jika data ini benar, tampaknya ada beberapa peluang potensial," kata CZ.

CZ mengakui pengguna X yang menjelaskan bahwa banyak negara ini kekurangan listrik yang cukup untuk memanfaatkan biaya listrik murah.

"Sebagian besar negara ini menghadapi kekurangan listrik dan biasanya mematikan industri berat mereka selama musim panas atau selama jam sibuk," ujar pengguna X tersebut.