Intel Luncurkan Chip Pusat Data "Sierra Forest" yang Lebih Efisien Energi
Intel "Sierra Forest" akan memiliki kinerja per watt 240% lebih baik daripada generasi chip pusat data saat ini (foto: twitter @intel)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Senin, 28 Agustus, Intel  mengumumkan bahwa chip pusat data baru yang akan diluncurkan tahun depan akan menghandle lebih dari dua kali lipat jumlah komputasi yang dapat dilakukan untuk setiap watt daya yang digunakan, sebagai bagian dari upaya industri yang lebih luas untuk menurunkan konsumsi listrik.

Dalam sebuah konferensi teknologi semikonduktor yang diselenggarakan di Universitas Stanford di Silicon Valley, Intel mengungkapkan bahwa chip "Sierra Forest" akan memiliki kinerja per watt 240% lebih baik daripada generasi chip pusat data saat ini, ini adalah kali pertama perusahaan tersebut mengungkapkan angka-angka seperti ini.

Pusat data yang menggerakkan internet dan layanan online mengkonsumsi jumlah listrik yang besar, dan perusahaan teknologi semakin menghadapi tekanan untuk menjaga atau mengurangi jumlah energi yang mereka gunakan. Hal ini mendorong perusahaan-perusahaan chip untuk berfokus pada bagaimana melakukan lebih banyak pekerjaan komputasi per chip.

Ampere Computing, sebuah startup yang didirikan oleh mantan eksekutif Intel, adalah yang pertama kali meluncurkan chip yang difokuskan pada efisiensi dalam menangani pekerjaan komputasi awan. Intel dan pesaingnya, Advanced Micro Devices (AMD), telah mengikuti dengan mengumumkan produk serupa, dengan produk AMD diluncurkan pada bulan Juni.

Intel, yang telah kehilangan pangsa pasar ke AMD dan Ampere di pusat data, mengumumkan pada Senin bahwa chip "Sierra Forest" mereka akan diluncurkan tahun depan.

Perusahaan ini untuk pertama kalinya membagi chip pusat datanya menjadi dua kategori: Chip "Granite Rapids" yang akan berfokus pada kinerja tetapi mengonsumsi lebih banyak daya, dan chip "Sierra Forest" yang lebih efisien dalam penggunaan energi.

Ronak Singhal, seorang senior fellow di Intel, mengatakan bahwa pelanggan perusahaan ini dapat menggabungkan perangkat lunak lama ke dalam jumlah komputer yang lebih sedikit di dalam pusat data.

"Saya mungkin memiliki perangkat yang berusia empat atau lima, enam tahun. Saya dapat menghemat daya dengan memindahkan sesuatu yang saat ini berada di lima, 10, atau 15 server berbeda ke dalam satu" chip baru, kata Singhal. "Kepadatan ini mengurangi total biaya kepemilikan mereka. Semakin tinggi kepadatannya, semakin sedikit sistem yang mereka butuhkan"