Sony Luncurkan Banyak Pembaruan ke PS5, Dukung Audio Dolby Atmos!
Fitur baru untuk Playstation 5 (foto: PlayStation)

Bagikan:

JAKARTA - Sony menambahkan beberapa pembaruan ke PlayStation 5, yang mencakup dukungan audio Dolby Atmos, kapasitas SSD yang lebih besar, fitur sosial konsol, dan juga kemampuan melakukan streaming gim PS4 dan PS5 ke Android TV OS 12.

Mari kita ulas satu per satu pembaruan yang akan dirilis secara global untuk PlayStation 5.

Dukungan Audio Dolby Atmos

Sony menghadirkan audio 3D yang ditenagai oleh Tempest 3D AudioTech, sehingga bisa dinikmati oleh pemain yang memiliki perangkat HDMI yang mendukung Dolby Atmos yang kompatibel seperti soundbar, TV, atau sistem home theatre. 

"Tempest 3D AudioTech secara khusus memberikan perangkat audio Dolby Atmos yang digunakan, termasuk saluran overhead – yang memungkinkan tingkat perendaman yang lebih besar dalam kaset audio gim PS5," kata Hideaki Nishino, Wakil Presiden Senior, Pengalaman Platform, SIE dalam pengumumannya.

Kapasitas SSD yang lebih besar

Pemain PS5 sekarang juga dapat menggunakan SSD M.2 dengan kapasitas maksimum 8TB, naik dari yang hanya 4TB sebelumnya. Penambahan kapasitas ini akan memberikan ruang penyimpanan yang lebih banyak untuk konsol PS5 Anda.

Fitur konsol sosial

Pembaruan lain yang datang ke PS5 adalah fitur sosial konsol. Di mana ketika Anda diundang ke pesta tertutup, Anda tidak akan ditambahkan ke grup secara otomatis lagi. Jadi, Anda tidak perlu berinteraksi dengan orang lain yang tidak Anda inginkan. 

Dan jika seseorang berbagi layar di pesta yang Anda ikuti, Anda akan bisa melihat pratinjau bahkan sebelum Anda masuk. Jika Anda yang mengundang orang, Anda sekarang dapat mengirim undangan pesta tertutup dan terbuka ke beberapa pemain secara bersamaan.

Selain itu, Anda juga akan bisa melihat teman mana yang melakukan aktivitas yang dapat Anda ikuti di bawah tab Teman, karena antarmuka sekarang akan menampilkan ikon "yang dapat disatukan" di sebelah mereka.

Streaming gim PS4 dan PS5

Terakhir, pembaruan ini akan memberikan Anda kemampuan untuk melakukan streaming gim PS5 atau PS4 dari perangkat yang menjalankan Android TV OS 12. 

Sejauh ini, menurut catatan Engadget, Sony telah memverifikasi bahwa aplikasi PS Remote Play kompatibel dengan 4K Chromecast dengan perangkat Google TV dan BRAVIA XR A95L model smart TV. 

Jika Anda pemain PS5 di AS dan di Inggris, Sony menambahkan perintah suara baru yang dapat Anda gunakan. Anda hanya perlu mengucapkan "Hei PlayStation, help" untuk dengan cepat membuka halaman bantuan atau "Hei PlayStation, what’s new?" untuk memeriksa fitur-fitur terbaru dan jajaran PS Plus saat ini.