Mengenal Cara Kerja VPN dan Fungsi Pentingnya bagi Pengguna Internet
Cara kerja VPN (foto: dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Virtual Private Network (VPN) merupakan istilah yang sudah familiar di dunia internet. VPN dikenal sebagai alat yang dapat menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lainnya dengan sistem pribadi atau private menggunakan jaringan internet. Lantas bagaimana cara kerja VPN?

Sejak beberapa waktu belakangan, penggunaan VPN dalam aktivitas internet semakin meningkat seiring dengan maraknya kasus pencurian data pribadi secara digital. Kini pengguna internet dan sejumlah aplikasi digital pun kini menjadi lebih was-was karena dikhawatirkan rentan terbobol. 

VPN disebut menjadi salah satu solusi keamanan dalam berselancar di internet. Dengan jaringan yang mengandalkan sistem privasi, penggunaan VPN diyakini membuat data pribadi lebih terlindung. Oleh karena itu, masyarakat perlu tahu cara kerja VPN dan manfaatnya.

Apa Itu VPN

VPN adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan devicenya ke internet secara privat. Fungsi VPN berada dari segi kemampuan untuk memberikan akses aman dengan mengarahkan koneksi melalui server. VPN dapat menjaga privasi pengguna dengan menyembunyikan data pribadi.

Dengan menggunakan layanan VPN, Anda dapat mengakses situs web dengan keamanan dan kerahasiaan. VPN mengubah jalur koneksi Anda melalui server dan melindungi pertukaran data.

Dalam istilah yang lebih sederhana, VPN menghubungkan perangkat seperti smartphone, tablet, atau komputer ke internet melalui komputer lain yang terhubung ke internet. Ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi internet melalui jaringan komputer.

Dengan memilih server dari negara yang berbeda, Anda dapat mengakses konten yang mungkin tidak dapat diakses dari negara Anda sendiri. Saat Anda menggunakan server negara lain, server tersebut menjadi titik awal untuk menjelajahi internet Anda.

Cara Kerja VPN

VPN bekerja dengan menciptakan sebuah jaringan dalam jaringan, yang sering disebut sebagai proses tunneling. Tunneling bertujuan untuk membentuk jalur koneksi yang bersifat privat dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan yang ada.

Cara operasional VPN melibatkan penyembunyian alamat Internet Protocol (IP address) dengan mengalihkan jalur koneksi melalui server yang dimiliki oleh penyedia layanan VPN di lokasi yang berbeda. Dengan kata lain, ketika Anda menggunakan internet melalui VPN, lokasi server VPN tersebut akan terdeteksi sebagai titik asal koneksi Anda.

Hasilnya, penyedia layanan internet Anda (ISP), pemerintah, dan pihak ketiga lainnya tidak dapat melihat aktivitas penjelajahan atau konten data yang Anda kirim dan terima.

VPN mengubah data Anda menjadi format yang sulit dipahami, sehingga meskipun ada pihak yang dapat mengawasi data Anda, mereka tidak dapat menguraikan atau memanfaatkan informasi yang ada dalam data tersebut.

Fungsi VPN

Berikut ini beberapa fungsi penggunaan VPN dalam kehidupan sehari-hari:

Keamanan saat Akses Internet Publik

Fungsi yang paling diandalkan oleh para pengguna VPN adalah sebagai sarana privasi ketika melakukan browsing dan mengakses konten penting yang tidak ingin dilihat oleh orang lain. VPN dapat membantu Anda menutupi dan menyembunyikan aktivitas internet yang sedang dilakukan.

Untuk Melindungi Identitas

Dengan menjaga status pengguna Anda tetap anonim, layanan VPN melindungi Anda dari pemantauan digital. Layanan ini menghindari pelacakan dan pemantauan terhadap komentar dan percakapan Anda di dunia maya, sehingga melindungi hak Anda untuk berpendapat tanpa perlu menggunakan identitas asli Anda pada platform media sosial.

Menyembunyikan Riwayat Browsing

Salah satu manfaat yang sangat dihargai oleh pengguna adalah kemampuan VPN dalam menjaga privasi saat menjelajahi internet dan mengakses konten rahasia yang tidak ingin dibagikan dengan orang lain. VPN dapat membantu Anda menyembunyikan dan merahasiakan aktivitas online yang Anda lakukan.

Membuka Situs yang Diblokir

Salah satu fungsi lainnya dari VPN adalah mendukung pengguna dalam mengakses situs web yang terblokir atau terkena sensor. Sebenarnya fungsi ini memiliki dampak negatif dan sering disalahgunakan oleh sebagian individu.

Mengamankan Transaksi Online

VPN dikenal memiliki dampak signifikan pada operasi bisnis seperti transaksi online. Hal ini bermanfaat terutama bagi mereka yang terlibat dalam bisnis dan sering melakukan transaksi melalui jaringan internet.

Demikianlah ulasan mengenai cara kerja VPN dan fungsinya penggunaannya bagi kehidupan sehari-hari. Penggunaan VPN semakin meningkat karena banyak pengguna internet yang ingin beraktivitas secara lebih aman atau terlindungi datanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.