7 Dampak Radiasi HP Bagi Kesehatan, Wajib Disimak!
Ilustrasi telepon genggam. (Foto: Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh oleh handphone (HP) bisa berdampak pada kesehatan manusia? Radiasi telepon genggam berbeda dengan radiasi yang dihasilkan perangkat lain, seperti snar-X dalam foto Rontgen dan CT Scan.

Paparan radiasi elektromagnetik dapat diserap oleh jaringan tubuh yang berdekatan dengan perangkat tersebut. Nah, untuk tahu lebih jauh, berikut kami sajikan informasi dampak radiasi HP bagi kesehatan. Baca terus sampai habis, ya!

Dampak Radiasi HP Bagi Kesehatan

Dirangkum dari berbagai sumber, ada banyakk dugaan dampak negatif radiasi ponsel genggam bagi kesehatan, di antaranya:

  1. Menurunkan tingkat kesuburan pada pria

Tak sedikit pria yang meletakkan handphone di saku celana. Kebiasaan ini ternyata dapat berdampak pada menurunnya tingkat kesuburan. Hal ini disebabkan radiasi elektromagnetik yang dipancarkan HP bisa masuk ke jaringan tubuh dan memengaruhi kualitas sperma.

Kendati demikian, dampak negatif radiasi HP bagi kesehatan yang satu ini masih berupa dugaan dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

  1. Menyebabkan gangguan insomnia

Cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat telekomunikasi dapat menghambat produksi hormone melatonin yang berfungsi mengatur tidur dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh).

  1. Diduga berdampak negatif pada janin

Ada dugaan bahwa ibu hamil yang terpapar radiasi elektromagnetik yang dipancarkan handphone berisiko mengalami kelahiran prematur. Meski begitu, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, sebab bayi yang lahir premature bisa saja dipengaruhi faktor lain selama kehamilan.

Sedianya, terdapat riset yang menunjukkan bahwa radiasi HP tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan janin. Tetapi, sebagai langkah pencegahan, ibu hamil dianjurkan menggunakan hands-free saat menerima telepon dan jangan meletakkan handphone di atas perut.

  1. Meningkatkan risiko kanker

Pancaran radiasi HP diduga memiliki sifat karsinogeneik (berpotensi menyebabkan kaker). Akan tetapi, dampak ini masih kontroversial.

Sampai saat ini, belum ada bukti kuat yang menyatakan bahwa radiasi HP dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Oleh sebab itu, penelitiaan lebih lanjut masih diperlukukan untuk mendukung kesimpulan tersebut.

  1. Menyebabkan sakit kepala

Paparan radiasi HP juga disebut dapat menyebabkan sakit kepala, terlebih bagi orang yang sensitif terhadap gelombang radio frekuensi (RF).  Paparan yang berlebihan mungkin dapat menyebabkan sakit kepala sebelah, pusing, mual hingga muntah.

  1. Merusak konsentrasi

Radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan ponsel bisa membuat aliran arah tidak maksimal, akibatnya menjadi gagal fokus dan kurang konsentrasi.

  1. Mempengaruhi tumbuh kembang anak

Anak-anak lebih berisiko mengalami masalah kesehatan akibat paparan radiasi HP yang berlebihan. Hal ini karena sistem saraf anak-anak msih berkembang dan lebih rentan terhadap efek gelombang elektromagnetik.

Sejumlah riset menunjukkan bahwa radisi gelpmbang radio dari telepon genggam memiliki dampak pada terbentuknya kelainan jaringan dan metabolism sel-sel saraf di otak. Namun, dampak lebih lanjut radiasi handphone pada tumbuh kembang anak masih belum dapat disimpulkan dengaan jelas.

Demikian informasi tentang dampak radiasi HP bagi kesehatan. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.