Lakukan 3 Cara Ini Saat iPhone Tidak Menyala dan Hanya Menampilkan Logo Apple
 iPhone yang tertahan atau berhenti pada logo Apple (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa orang mungkin mengalami masalah ponsel berhenti di logo saat dinyalakan. Kejadian ini bisa terjadi pada seluruh jenis ponsel, termasuk iPhone. Ada kemungkinan bahwa iPhone Anda rusak, tetapi bisa juga hanya sekadar macet pada sistem.

Tak perlu panik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika iPhone tak ingin memunculkan layar utama. Berikut ini empat cara yang bisa Anda lakukan, dilansir dari Makeuseof.

Restart Paksa iPhone

Memaksakan iPhone untuk mati dan menyala ulang bisa menjadi solusi pertama. Namun, restart ini bisa dilakukan tergantung dengan tipe iPhone. Untuk generasi iPhone 8, iPhone SE, dan generasi lebih baru, cukup tekan tombol volume naik dan lepaskan. Lakukan hal yang sama pada volume turun. Setelah itu, tekan tombol di samping ponsel hingga muncul logo Apple.

Pada seri iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, tekan tombol samping dan tombol volume secara bersamaan hingga ponsel melakukan reboot. Tunggu hingga logo Apple muncul sebelum melepas tombol samping dan tombol volume.

Terakhir, pada seri iPhone 6S, iPhone SE generasi pertama, dan versi iPhone lain yang lebih lawas, Anda cukup menekan tombol home dan tombol sleep selama beberapa detik hingga logo Apple hilang. Kemudian, lepaskan kedua tombol setelah logo muncul.

Perbarui Versi iOS

Masalah logo stuck ini bisa jadi terjadi pada seri iPhone 15 karena masalah versi. Kemungkinan hal ini terjadi saat pengguna mencopa memindahkan data dari perangkat lama. Meski versi iOS Anda sudah yang paling terbaru, yakni iOS 17, masalah ini mungkin terjadi karena bug.

Oleh karena itu, jika ponsel sudah kembali menyala, pastikan bahwa versi yang iPhone Anda miliki adalah versi 17.0.2, yakni versi yang sengaja Apple luncurkan untuk mengatasi bug saat memindahkan semua data.

Unduh Ulang Versi iOS

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi logo stuck adalah mengunduh ulang versi iOS terakhir. Ada kemungkinan bahwa ponsel mengalami gangguan saat melakukan pembaruan. Untuk mengunduh ulang, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan iPhone ke komputer.

Buka Finder dan temukan perangkat iPhone di sana. Setelah terhubung, paksa restart kembali iPhone sampai layar Mode Pemulihan muncul di layar dengan ikon komputer. Saat ada opsi pembaruan, pilih opsi tersebut. iPhone akan mengunduh ulang iOS setelahnya.

Itu dia tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan iPhone yang berhenti di logo Apple. Jika cara-cara di atas tak juga membuahkan hasil, segera periksa perangkat Anda ke servis Apple terdekat untuk menghindari adanya kerusakan pada sistem.