Stiker Berbasis AI di Facebook Bisa Buat Gambar Tidak Senonoh
Stiker berbasis AI di Facebook mendapatkan perhatian setelah menghasilkan gambar-gambar tidak pantas (foto: dok. Meta)

Bagikan:

JAKARTA – Sejak September lalu, Facebook Messenger bisa membuat kreasi stiker dengan Kecerdasan Buatan (AI). Namun, pengujian fitur ini justru menimbulkan masalah.

Dikutip dari The Verge, beberapa pengguna mulai menyoroti keanehan dari pembuatan stiker berbasis AI ini. Pasalnya, sejumlah stiker yang dihasilkan sangat kurang pantas untuk digunakan.

Dibagikan oleh pengguna X @Pioldes, stiker yang berhasil ia temukan adalah tentara anak-anak, karakter Nintendo yang membawa senjata, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau yang telanjang, dan masih banyak lagi.

Parahnya, stiker ini juga mengarah ke sesuatu yang seksual dan melecehkan banyak pihak, termasuk orang-orang terpandang yang dijadikan stiker. Pandangan orang terkait stiker ini pun terbagi, tetapi sebagian besar tak menyukainya.

Stiker AI ini sendiri dihasilkan sendiri oleh para penggunanya hanya dengan teks. Fitur ini juga tak hanya berlaku di Facebook, tetapi semua platform yang Meta naungi seperti Instagram dan Messenger.

Meta sebenarnya telah memblokir permintaan atau perintah dengan kata-kata yang tidak pantas, tetapi stiker yang tidak senonoh ini bisa tercipta ketika pengguna mengetikkan kata yang salah atau kata yang dibatasi.

Dengan permasalahan ini, Meta perlu membatasi dan mengkaji lagi terkait peluncuran stiker berbasis AI. Mereka perlu mengatur regulator yang tepat agar fitur ini tak dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab dan disalahgunakan.