Raksasa Penambangan Bitcoin Iris Energy Akuisisi Rig Terbaru Milik Bitmain
Irish Energy tambah mesin penambangan Bitcoin. (Foto; Dok. Webitcoin)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan penambangan Bitcoin terdaftar di Nasdaq, Iris Energy, telah mengumumkan akuisisi 1,4 eksahash per detik (EH/s) dari penambang terbaru S21 Antminers milik Bitmain. Ini adalah upaya Irish Energy untuk meningkatkan kapasitas penambangan perusahaan sebesar 25%, dari 5,6 EH/s menjadi 7 EH/s.

Sebagai informasi tambahan, Bitmain baru-baru ini merilis seri Antminers S21 yang sangat efisien, dengan rating di bawah 20 joule per terahash (J/T). Menurut laporan News Bitcoin.com Iris Energy, yang diperdagangkan di Nasdaq dengan ticker IREN, membeli 1,4 EH/s dari penambang S21 Bitmain ini. Akuisisi ini dilakukan dengan harga  19,6 juta dolar AS (sekitar Rp307 miliar), sekitar  14 dolar AS (Rp219 ribuan) per terahash, dan sejumlah  2,9 juta dolar AS (Rp45 miliar) akan dibayarkan setahun setelah pengiriman.

Iris akan menempatkan unit-unit S21 di lokasi mereka di Childress, Texas, meningkatkan kapasitas penambangan mereka dari 5,6 EH/s menjadi 7 EH/s, mencatat pertumbuhan sebesar 25%.

Meskipun model S21 Antminers yang dibeli oleh Iris tidak diungkapkan, efisiensinya adalah 17,5 J/TH, menunjukkan penggunaan varian berpendingin udara. Dengan kapasitas total 1,4 EH/s dan kemampuan 200 terahash per detik per mesin, kemungkinan Iris membeli sekitar 7.000 unit. Mereka berencana untuk mencapai 9,4 EH/s dalam waktu dekat, meningkat dari proyeksi sebelumnya sebesar 9,1 EH/s.

Pusat data Childress saat ini sedang diperluas untuk mendukung hingga 80 megawatt, dengan pengiriman diharapkan selesai pada awal 2024. Keputusan Iris untuk memperbarui peralatan penambang mereka datang saat pesaing seperti Canaan dan Microbt merilis mesin generasi baru yang menawarkan hashrate tinggi dan efisiensi.

Iris menggunakan 100% energi terbarukan untuk operasi penambangannya, dan mereka berencana untuk terus meningkatkan kapasitas mereka hingga mencapai 30 EH/s seiring berjalannya waktu.

Tahun ini, saham Iris telah naik 150%, meskipun mengalami penurunan 27% dalam sebulan terakhir. Penurunan ini sejalan dengan penurunan lebih luas di pasar mata uang kripto yang dipengaruhi oleh gejolak peristiwa di Timur Tengah.