Platform Io.net: Menyediakan Layanan Komputasi GPU Terdesentralisasi
Io.net telah mengembangkan jaringan uji coba yang memperoleh daya komputasi GPU (foto: twitter @ionet_official)

Bagikan:

JAKARTA - Proyek yang awalnya dimulai sebagai sistem perdagangan kuantitatif kelas institusi untuk kripto dan saham telah berkembang menjadi jaringan terdesentralisasi yang menyediakan daya komputasi GPU untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat akan layanan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML).

Io.net telah mengembangkan jaringan uji coba yang memperoleh daya komputasi GPU dari berbagai pusat data, penambang kripto, dan penyedia penyimpanan terdesentralisasi. Menggabungkan daya komputasi GPU ini dijuluki dapat mengurangi drastis biaya penyewaan sumber daya tersebut, yang semakin mahal seiring dengan kemajuan AI dan ML.

Berbicara secara eksklusif kepada Cointelegraph, CEO dan salah satu pendiri Ahmad Shadid membahas detail jaringan yang bertujuan memberikan platform terdesentralisasi untuk menyewa daya komputasi dengan hanya sebagian biaya dari alternatif terpusat yang saat ini ada.

Shadid menjelaskan bagaimana proyek ini muncul pada akhir 2022 selama hackathon Solana. Io.net sedang mengembangkan platform perdagangan kuantitatif yang bergantung pada daya komputasi GPU untuk operasi frekuensi tingginya, tetapi terkendala oleh biaya tinggi penyewaan kapasitas komputasi GPU.

Tim proyek ini memaparkan tantangan penyewaan perangkat keras GPU berkinerja tinggi dalam dokumen utamanya, dengan harga sewa satu Nvidia A100 rata-rata sekitar 80 dolar AS (Rp1,2 juta) per hari per kartu. Diperlukan lebih dari 50 kartu ini untuk beroperasi selama 25 hari sebulan, yang akan memakan biaya lebih dari 100.000 dolar AS (Rp1,5 miliar).

Solusi ditemukan melalui penemuan Ray.io, sebuah perpustakaan sumber terbuka yang digunakan oleh OpenAI untuk mendistribusikan pelatihan ChatGPT ke lebih dari 300.000 CPU dan GPU. Perpustakaan ini menyederhanakan infrastruktur proyek, dengan infrastruktur backend dikembangkan dalam waktu dua bulan.

Shadid memperlihatkan testnet yang berfungsi dari Io.net di Ray Summit berfokus pada AI pada bulan September 2023, menyoroti bagaimana proyek menggabungkan daya komputasi yang disediakan kepada konsumen GPU sebagai kluster untuk memenuhi kasus penggunaan AI atau ML tertentu.

Jaringan terdesentralisasi ini akan menggunakan blockchain Solana untuk memberikan pembayaran dalam SOL dan USD Coin kepada insinyur pembelajaran mesin dan penambang yang menyewakan atau menyediakan daya komputasi.

"Ketika insinyur pembelajaran mesin membayar untuk kluster mereka, dana ini akan langsung diarahkan kepada penambang yang memberikan daya komputasi GPU ke dalam kluster mereka, dengan biaya jaringan kecil dialokasikan untuk protokol Io.net," kata Shadid.

Rencana proyek ini mencakup peluncuran sistem token ganda yang akan menampilkan IO dan IOSD. Model token ini akan memberi insentif kepada penambang untuk mengeksekusi beban kerja pembelajaran mesin dan menjaga waktu aktif jaringan sambil mempertimbangkan biaya konsumsi listrik.

"Koin IO akan diperdagangkan bebas di pasar kripto dan menjadi gerbang untuk mengakses daya komputasi, sedangkan token IOSD akan berfungsi sebagai token kredit stabil yang diikat algoritma dengan nilai 1 USD."

Shadid mengatakan kepada Cointelegraph bahwa Io.net secara mendasar berbeda dari layanan cloud terpusat seperti Amazon Web Services (AWS).

"Dalam sebuah analogi, mereka adalah United Airlines dan kami adalah Kayak; mereka memiliki pesawat, sedangkan kami membantu orang memesan penerbangan," kata Shadid. 

Pendiri menambahkan bahwa bisnis yang membutuhkan komputasi AI biasanya menggunakan penyedia pihak ketiga karena mereka tidak memiliki GPU untuk mengelolanya secara internal. Dengan perkiraan permintaan GPU meningkat 10 kali lipat setiap 18 bulan, Hadid mengatakan bahwa kapasitas yang tersedia seringkali tidak mencukupi untuk memenuhi permintaan, yang mengakibatkan waktu tunggu yang lama dan harga yang tinggi.

Hal ini diperparah oleh apa yang ia sebut sebagai penggunaan data center yang tidak efisien yang tidak dioptimalkan untuk jenis pekerjaan AI dan pembelajaran mesin yang berkembang pesat.

"Hanya di Amerika Serikat saja ada ribuan pusat data independen dengan tingkat penggunaan rata-rata 12%-18%. Sebagai hasilnya, terciptanya bottleneck, yang berdampak pada kenaikan harga komputasi GPU."

Keuntungannya adalah bahwa penambang kripto rata-rata akan menghasilkan lebih banyak dengan menyewakan perangkat keras mereka untuk bersaing dengan layanan seperti AWS. Hadid mengatakan bahwa penambang rata-rata yang menggunakan Nvidia A100 40GB akan menghasilkan 0,52 dolar AS per hari, sementara AWS menjual kartu yang sama untuk komputasi AI seharga 59,78 dolar AS per hari.

"Bagian dari proposisi nilai Io.net adalah, pertama, kami memungkinkan peserta untuk terpapar pada pasar komputasi AI dan menjual kembali GPU mereka, dan bagi insinyur pembelajaran mesin, kami jauh lebih murah daripada AWS," tambahnya. 

Data yang dibagikan dengan Cointelegraph memperkirakan bahwa penambang dengan sumber daya GPU yang ada di tangannya dapat menghasilkan 1.500% lebih banyak daripada yang akan mereka hasilkan dari penambangan berbagai kripto.