WhatsApp Hadirkan Sistem Passkeys untuk Perangkat Android
Tangkapan layar akun resmi WhatsApp yang merilis sistem passkeys untuk Android (foto: twitter @WhatsApp)

Bagikan:

JAKARTA – Pengguna WhatsApp di Android kini bisa meninggalkan sistem autentikasi dua faktor dengan layanan pesan singkat (SMS). Resmi diluncurkan pada 16 Oktober lalu, WhatsApp kini menghadirkan fitur passkeys.

Dengan sistem baru ini, pengguna tak perlu lagi menunggu pesan verifikasi untuk login ke akun mereka. Pengguna Android sudah bisa mengandalkan cara lain seperti memasukkan pin perangkat atau autentikasi biometrik dengan pengenalan wajah dan sidik jari.

WhatsApp menghadirkan fitur passkeys karena dianggap lebih aman dan lebih efisien bagi para penggunanya. Terlebih lagi, autentikasi SMS sering menjadi masalah karena keamanannya yang tidak begitu terjamin.

Kata sandi berpotensi besar untuk dicuri datanya atau disusupi dengan metode phising, yaitu upaya pencurian informasi dengan teknik mengelabui pengguna media sosialnya. Masalah ini cukup serius bagi WhatsApp karena mereka mengedepankan keamanan penggunanya.

Dengan menggunakan passkeys, WhatsApp telah meningkatkan keamanan pada platform mereka dan menjaga lebih dari 2 miliar pengguna dari ancaman digital. Passkeys juga membuat pengguna yang gemar menggunakan kata sandi sederhana menjadi lebih aman.

Sebelum resmi dirilis, WhatsApp telah menguji coba passkeys di saluran beta. Setelah uji coba berhasil, barulah WhatsApp menerapkan sistem passkeys pada perangkat reguler mereka.

Sayangnya, WhatsApp belum menerapkan sistem ini pada perangkat iOS. Meta pun belum memberikan waktu pasti kapan passkeys kompatibel di sistem perangkat milik Apple itu.